Contoh Deskripsi Galang Dana Pengobatan yang Bisa Kamu Tiru

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
contoh kata kata galang dana

Saat membuat galang dana untuk pengobatan orang yang kita sayangi mungkin kita dihantui rasa panik dan terburu-buru sehingga tidak bisa berpikir dengan jernih untuk membuat halaman galang dana yang baik dan sesuai.

Nah, sebenarnya nggak susah kok bikin deskripsi galang dana yang jelas dan sesuai sehingga bisa dapat banyak donasi. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membedah sebuah halaman sebagai contoh galang dana berjudul Bantu Ibu Joe lawan kanker getah bening!” yang bisa jadi inspirasi kamu dalam menuliskan deskripsi galang dana.

Bedah Halaman Galang Dana Pengobatan

1. Judul yang Sederhana Namun Jelas

Kita sepakat bahwa judul adalah salah satu komponen penting dan pertama dilihat oleh calon donatur ketika membuka halaman galang dana. Dengan memberikan judul yang singkat, padat, dan jelas kamu sudah menarik hati donatur untuk langsung berdonasi meskipun hanya melihat judulnya saja.

Pada campaign Bantu Ibu Joe lawan kanker getah bening!, dengan hanya membaca judulnya, kamu sudah langsung tahu tujuan galang dana ini dan siapa penerima penerima manfaatnya. Terlebih semua kata yang ada pada judulnya sangat mudah dimengerti.

2. Membagi Deskripsi Campaign Menjadi Beberapa Bagian Cerita

Deskripsi pada campaign ini diawali dengan perkenalan siapa yang menggalang dana dan siapa penerima manfaatnya. Dalam hal ini Irene, sang anak, menuliskan satu kalimat singkat tentang dirinya, tujuan ia menggalang dana dan juga hubungan dia dengan penerima manfaat.

Setelah memperkenalkan diri, Irene mulai bercerita secara lengkap runtut tentang penyakit yang diderita Ibunya. Ia memulai ceritanya dengan menuliskan riwayat penyakit sang ibu, gejala getah bening yang dirasakan, hingga pada akhirnya divonis mengidap kanker kelenjar getah bening.

Tidak berhenti sampai di situ, ia juga menceritakan pengobatan apa saja yang sudah dilalui oleh ibunya untuk berjuang sembuh hingga kondisi terkini sang ibu yang masih membutuhkan beberapa tindakan pengobatan.

Selanjutnya Irene juga melengkapi halaman galang dananya dengan rincian kebutuhan pengobatan sang ibu. Rencana penggunaan ini penting untuk kamu infokan kepada calon donatur. Sebab, rencana penggunaan dana yang ada pada deskripsi bisa menambah kepercayaan donatur untuk berdonasi karena mengetahui dengan jelas kebutuhan si penggalang dana.

Terakhir, Irene menutup deskripsi halaman galang dananya dengan sebuah harapan dan ajakan untuk orang-orang berdonasi membantu kesembuhan ibunya.

3. Menambahkan Foto Pendukung

Foto-foto yang ada pada campaign ini pun juga cukup menggambarkan kondisi yang dialami. Meskipun hanya ada dua foto pada halaman galang dana, namun foto-foto tersebut mewakilkan kondisi sebelum dan saat penerima manfaat mengidap penyakit.

Tonton video: Tips Memilih Foto untuk Galang Dana

Buat Deskripsi Galang Dana untuk Pengobatan Kini Semakin Mudah

Jangan Khawatir, buat kamu yang merasa masih kesulitan untuk mencontoh deskripsi galang dana pengobatan di atas, kamu bisa tetap bisa membuat deskripsi yang baik dan menarik kok. Sekarang merangkai cerita untuk kebutuhan deskripsi galang dana bisa semudah menjawab pertanyaan.

Setelah mengisi data dan kebutuhan galang dana, kamu akan diarahkan untuk menuliskan cerita hanya dengan menjawab 10 pertanyaan berikut ini:

  1. Ceritakan tentang dirimu dan pasien
  2. Jelaskan tentang penyakit pasien dan kondisinya dari awal pasien menderita sakit hingga kondisi terkini!
  3. Upaya pengobatan apa saja yang telah dilakukan sejak awal hingga kini?
  4. Bagaimana keadaan keluarga dan lingkungan hidup pasien?
  5. Upload foto pasien yang sedang beraktivitas dengan keluarganya
  6. Bagaimana kondisi setelah pasien mengidap penyakit?
  7. Upload foto pasien yang sedang sakit
  8. Berapa biaya yang dibutuhkan dan bagaimana rencana penggunaannya?
  9. Jelaskan alasan pasien membutuhkan dana tersebut
  10. Tuliskan doa, harapan, dan cita-cita untuk kesembuhan pasien.

Setelah kamu isi, jawaban yang kamu tuliskan tadi akan secara otomatis dirangkai menjadi cerita untuk deskripsi galang dana kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu memeriksa deskripsi kamu berulang-ulang lagi dan bisa fokus untuk menyebarkan galang dana kamu melalui media sosial deh.

Bantu bayar biaya pengobatan keluarga dan kerabat semakin mudah dengan dengan galang dana di kitabisa!

galang dana

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved