Tips Memaksimalkan Media Sosial untuk Menyukseskan Galang Dana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
tips galang dana

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyukseskan galang dana di Kitabisa. Sebelumnya, kita telah membahas tentang cara mendapatkan donasi Rp 1 juta pertamamu di Kitabisa juga tentang pro-tips mendapatkan donasi dari lingkungan sekitar.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut tentang cara memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial dalam menyukseskan galang dana.

Di era digital seperti saat ini, mayoritas masyarakat Indonesia telah candu pada media sosial. Bahkan menurut survey yang dilakukan Hootsuite, Indonesia menempati peringkat ketiga dengan jumlah pengguna media sosial terbanyak di dunia.

Fungsi penggunaannya pun beragam, mulai dari konten pribadi, penyebaran informasi, bisnis, bahkan tak jarang untuk publikasi kegiatan sosial.

Oleh karena itu, tak heran jika memaksimalkan media sosial untuk publikasi galang dana dapat meningkatkan kesuksesannya hingga 50% lho. Sudah pernah coba? Yuk, baca penjelasan berikut ini

1. Penggunaan WhatsApp untuk Menyukseskan Galang Dana

Penggunaan WhatsApp sebagai aplikasi bertukar pesan sudah mecakup semua kalangan usia. Mulai dari tua-muda hingga pelajar maupun pekerja sudah tidak asik lagi dalam menggunakan WhatsApp.

Nah, dalam menyukseskan galang danamu, WhatsApp juga menjadi salah satu media sosial yang bisa kamu manfaatkan. Berikut tahapannya:

  1. Pertama, tanda atau buat daftar kontak WhatsApp kamu yang potensial sebagai calon donatur.
  2. Bedakan mana yang individu, mana calon donatur yang bersifat rombongan atau grup
  3. Lalu, buat pesan yang bersifat pribadi, kasual, dan bercerita tentang galang danamu
  4. Jangan menggunakan template, atau pesan yang sama untuk penerima yang berbeda
  5. Sertakan foto atau video pendukung yang bisa membuat calon donatur lebih tertarik untuk berdonasi dengan galang danamu
  6. Jangan ragu meminta bantuan mereka yang kamu kirimkan pesan untuk turut menyebarkan informasi galang danamu
  7. Tanya kabar dan follow up mereka yang merespon positif atau berjanji akan donasi. Namun, jangan diteror ya.
  8. Apresiasi mereka yang sudah berdonasi
  9. Terakhir, jangan hanya sekali sebar. Buat pesan secara rutin dengan kata-kata maupun pendekatan yang berbeda.

2. Penggunaan Facebook untuk Menyukseskan Galang Dana

Berbeda dengan WhatsApp yang digunakan untuk semua kalangan usia, target audience Facebook berusia 25 tahun ke atas.

Sehingga, penggunaan Facebook untuk memaksimalkan publikasi galang dana kamu cocok banget nih untuk kalangan yang bapak-bapak, ibu-ibu, maupun anak muda yang sudah memiliki penghasilan sendiri.

Berikut ini beberapa tips penggunaan media sosial Facebook untuk menyukseskan galang dana:

  1. Kenali dulu, apakah galang dana kamu memiliki target donatur yang sama dengan audiens Facebook
  2. Jika iya, cari tahu dulu kapan jam aktif calon donatur kamu di Facebook. Apakah mereka adalah pekerja yang aktif di jam 5 sore hingga 8 malam? Atau, mereka adalah kelas pelajar yang aktif di jam 4 sore hingga 8 malam?
  3. Perhatikan caption dan foto yang tepat untuk membuat postingan kamu lebih viral, yaitu dengan dilikes dan dishare oleh banyak orang
  4. Pilih foto yang menyentuh hati, memiliki resolusi yang baik, dan bercerita tentang tujuan galang danamu.
  5. Mengapa? Target audiensmu di Facebook akan jatuh hati pada fotomu dulu, baru membaca caption kamu.
  6. Buat caption yang bercerita, bukan template, atau pesan yang tidak memiliki rasa.
  7. Ingat! Kalimat pertama dalam caption kamu adalah kalimat penentu. Kamu bisa menggunakan beberapa strategi agar bisa menjadikan kalimat pertama sebagai attention grabber, seperti menggunakan capslock, menggunakan kata-kata provokatif, atau pertanyaan yang menyindir.

3. Penggunaan Instagram untuk Menyukseskan Galang Dana

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling digemari anak muda masa kini.

Untuk memanfaatkan Instagram demi kesuksesan galang dana, kamu bisa menggunakan beberapa jenis postingan, yaitu: story, post, dan carousel.

Adapun beberapa tips memaksimalkan penggunaan Instagram dalam publikasi galang dana adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan akun kamu tidak dalam mode “Privasi”
  2. Kenali dulu jenis postingan yang paling digemari followers kamu
  3. Jangan ragu melakukan test beberapa jenis postingan untuk mengetahui tipe yang paling efektif untuk mempublikasikan galang danamu.
  4. Sama seperti Facebook, ketahui dulu jam aktif followersmu. Hal ini dapat dilihat melalui fitur “Insight” pada Instagram Bisnis.
  5. Posting informasi galang dana kamu secara rutin dan berkala. Mengapa harus berkala? Hal ini dapat membantu menciptakan rasa penasaran followers kamu dan menghindari kebosanan.
  6. Untuk Instagram story, biasanya orang tidak akan langsung berdonasi saat pertama kali melihat publikasinya. Kamu bisa membuat minimal 3 story dengan pesan yang beragam ya.
  7. Ulang-ulang pesanmu yang menjelaskan tentang urgensi dari galang dana di setiap konten yang kamu buat
  8. Jangan ragu untuk meminta bantuan kerabatmu yang memiliki followers banyak di Instagram untuk menyebarluaskan informasi galang dana kamu.
  9. Jangan lupa, tag @kitabisacom untuk memperluas jangkauan postinganmu
    Gunakan hashtag yang relevan untuk menambah visibilitas postinganmu.

4. Penggunaan Twitter untuk Menyukseskan Dalang Dana

Berbeda halnya dengan Facebook dan Instagram, Twitter adalah media sosial yang digunakan untuk membagikan opini atau pandangan seseorang.

Di Twitterland, permainan kata sangat menentukan traffic postinganmu. Berikut adalah beberapa tips penggunaan Twitter untuk promosi halaman galang dana kamu:

  1. Pastikan akun kamu tidak dalam mode “Privasi”
  2. Lengkapi biodata profil Twitter kamu dengan hal-hal yang meyakinkan, yaitu foto asli, biodata yang semi-formal, dan sertakan kontak seperti email untuk lebih meningkatkan kepercayaan calon donatur
  3. Buat thread khusus untuk menceritakan latar belakang galang dana kamu, urgensi penggalangan dana, dan poin-poin yang dirasa bisa membuat calon donatur tertarik.
  4. Pin thread tersebut agar selalu ada di bagian atas profil kamu
  5. Thread memiliki performa lebih bagus dari pada single tweet. Pastikan konten di threadmu tidak terlalu sedikit ya. Buat thread itu bercerita secara lengkap dan jelas. Contoh minimal: 3 tweet dalam 1 thread
  6. Jangan ragu untuk “nyamber” interaksi yang sedang trending di Twitter. Namun, pastikan pembahasannya masih relevan dengan tema galang dana kamu ya
  7. Jangan ragu untuk tag dan mengajak tokoh penting, aktivis, media, atau influencer untuk ikut menyebarkan informasi galang dana kamu. Meski kecil kemungkinan untuk mendapatkan retweet secara gratis, namun hal ini tidak mustahil. Selain itu, juga bisa membantu memperluas jangkauan tweet kamu.

5. Penggunaan Tiktok untuk Menyukseskan Galang Dana

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang tergolong baru di Indonesia. Namun, peminatnya sudah sangat banyak. Hal ini dikarenakan konten-konten yang dibuat di Tiktok dinilai lebih fresh dan menarik.

Bahkan, beberapa orang berpendapat bahwa Tiktok membuka wadah baru untuk siapa saja menjadi terkenal dalam waktu singkat.

Berikut beberapa tips menggunakan Tiktok sebagai salah satu media sosial galang dana:

  1. Gunakan format video yang sedang trending di Tiktok
  2. Jangan lupa sesuaikan musik pada video kamu dengan suasana yang ingin kamu bangun. Kamu juga bisa memilih musik-musik yang sedang viral supaya memperbesar kesempatan masuk FYP
  3. Harga kerjasama dengan content creator Tiktok bervariatif dan tergolong terjangkau. Hal ini dikarenakan siapapun bisa menjadi influencer di Tiktok. Sehingga, orang-orang yang membuat video viral juga sangat banyak. Namun, jika kamu ingin menggunakan jasa content creator harus disesuaikan juga dengan citra galang dana kamu seperti apa.
  4. Hashtag juga bisa membantu menambah luas jangkauan viewers videomu
  5. Sertakan link galang dana dalam video, bukan pada caption karena orang-orang lebih fokus melihat video dibandingkan membaca captionnya.

Semoga pembahasan dalam artikel ini, dapat membantumu memaksimalkan media sosial untuk kesuksesan galang dana ya. Jika dalam beberapa minggu galang danamu belum memperoleh donasi, baca juga artikel mengenai apa yang belum maksimal dari galang danamu ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved