Sembuh: Aplikasi Support Group Buat Para Pejuang Sehat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
support group

Perjuangan untuk sembuh memang tidak mudah. Makanya, peran support group dianggap penting baik pendamping keluarga, pasien, maupun survivor. Tak hanya untuk berbagi pengalaman, namun juga untuk mempelajari dan menyebarkan informasi penting untuk mencapai kesembuhan. Nah, kali ini Kitabisa mau kenalin kamu sama aplikasi support group bernama Sembuh!

Apa itu Aplikasi Sembuh?

Para developer aplikasi seperti berlomba untuk menyajikan fitur dan pelayanan terbaik mereka. Bukan semata untuk menjawab kebutuhan pasar saja tetapi juga dalam satu misi untuk mengedukasi serta membantu masyarakat yang membutuhkan informasi medis secara cepat.

Termasuk dalam sektor kesehatan! Aplikasi Sembuh merupakan platform kesehatan digital yang menggabungkan kebutuhan medis dan juga dukungan moral dari/untuk pasien dalam satu genggaman. Dalam aplikasi ini, para pejuang, penyintas, dan tenaga kesehatan dipertemukan dalam rangka membantu memberikan dukungan untuk kesembuhan satu sama lain.

Fitur Support Group

Fitur ini menjadi salah satu fitur andalan dari aplikasi Sembuh. Sembuh sudah bekerja sama dengan lebih dari 40 komunitas kesehatan dan juga ratusan penyintas, dokter, hingga psikolog untuk menghadirkan ruang bagi publik untuk berbagi pengalaman, cerita, dan keluh kesah tentang penyakit yang diderita.

Fitur Support Group yang disediakan Sembuh berupa room chat yang berisikan anggota group dan dokter yang siap menjawab pertanyaan yang diajukan. Saat ini Sembuh memiliki 10 kategori support group yang bisa diikuti berdasarkan pembahasan jenis penyakit dan jadwal tiap sesinya.

Kategori Sesi Live Chat
Mental Health Senin
Autoimun Selasa
Sex education for men Selasa
Cancer Rabu
Sex education for women Rabu
Weight loss Kamis
Love & relationship Kamis
Special needs Jumat
Skincare & beauty Jumat
Elderly care Sabtu

Satu sesi support group dilaksanakan selama 2 jam bersifat LIVE Chat didampingi dokter yang akan membantu meluruskan informasi dan Group Leaders dari tim volunteers Sembuh.  Berbeda dengan support group yang sering kita temui di media sosial, lewat aplikasi Sembuh pengguna dapat menggunakan fitur “Anonim” untuk menjaga identitas diri. Harapannya para pengguna tidak lagi ragu atau malu dalam menyampaikan hal-hal yang yang menyangkut privasi mereka dalam forum diskusi.

Fitur SembuhPedia

Sebagai penunjang segala informasi tentang kesehatan, Sembuh menghadirkan SembuhPedia yang berisikan info lengkap mulai dari penyakit secara umum, daftar dokter-dokter spesialis, hingga fasilitas kesehatan terdekat. Berikut daftar menu pada fitur SembuhPedia yang bisa kamu gunakan:

  1. Featured Dokter

Fitur ini berisikan daftar-daftar dokter yang sudah bekerja sama dengan Sembuh. Pada fitur ini pula kamu bisa mengetahui profil, pendidikan, tempat & jadwal praktek, sampai ulasan pengguna lain tentang pelayanan dokter tersebut. Jadi kamu bisa dengan mudah menentukan dokter yang tepat untuk pengobatan kamu yang akan kamu lakukan.

  1. Featured Rumah Sakit

Serupa dengan Featured Dokter, pada Featured Rumah Sakit terdapat daftar informasi rumah sakit-rumah sakit di Indonesia yang bisa kamu akses hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi kesehatan.  Menariknya, fitur ini tidak hanya menyediakan informasi umum seperti alamat dan fasilitas yang tersedia namun juga terdapat info lengkap mengenai jadwal Dokter di tiap poliklinik yang ada di rumah sakit tersebut. 

  1. Browse Artikel

Untuk mengedukasi penggunanya, Sembuh menyediakan berbagai artikel dan juga infografis seputar penyakit, obat-obatan, dan juga tips kesehatan. Semua tulisan yang ada pada fitur ini juga sudah ditinjau oleh dokter-dokter berpengalaman sehingga aman untuk diterapkan oleh pengguna. Tentu saja fitur-fitur yang disediakan oleh Sembuh ini sangat memudahkan penggunanya. Banyak yang sudah merasa terbantu, terutama dengan fitur support group yang ada pada aplikasi ini. 

Maria Angelina salah satunya, wanita survivor bipolar affective disorder & tumor payudara ini mengaku sangat terbantu dengan diskusi yang ada di aplikasi Sembuh. Ia menyerap banyak ilmu tentang kesehatan mental dan kanker untuk berjuang sembuh dari penyakit yang diderita. Menurutnya, di tengah kesulitan mencari support group kesehatan di Indonesia, Sembuh hadir memberikan solusi bagi masalah tersebut sehingga banyak yang terbantu.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Imam Prabowo, founder Sembuh, mengenai inti dari kegunaan support group kesehatan “Hal terpenting adalah user bisa termotivasi untuk mencintai dirinya, menghargai kesehatannya, dan jangan patah semangat untuk berobat hingga Sembuh.” 

Ia menambahkan, Sembuh akan disempurnakan dengan adanya fitur Sembuh Store dan Health Program. Dengan harapan, pengguna tidak hanya bisa berkomunitas tetapi bisa mendapatkan solusi yang bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berdampak positif ke kehidupan sehari-hari. Download aplikasi Sembuh sekarang juga dengan klik banner di bawah

 

Support Group

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved