Harus Tahu! Ini Makanan yang Tidak Boleh untuk Penderita Kanker

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Tahukah kamu, makanan ternyata berperan penting dalam proses penyembuhan pasien kanker lho. Makanya ada daftar makanan yang boleh untuk penderita kanker maupun yang tidak dianjurkan. Gizi yang seimbang dan makanan yang bernutrisi akan membantu tubuh untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Saat seorang pasien kanker berkonsultasi, pasti dokternya pun akan merekomendasikan beberapa makanan untuk dihindari. Selain itu, berbagai website-website RS atau komunitaspun juga membagikan daftarnya lho! Tim Kitabisa telah merangkum jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker berikut ini:

1. Makanan dengan kadar lemak tinggi

makanan yang tidak boleh untuk penderita kanker

Menurut American Cancer Society, makanan dengan kadar lemak yang tinggi termasuk ke dalam daftar makanan yang tidak boleh untuk penderita kanker. Menurut penelitian, makanan dengan kadar lemak tinggi dapat memperbesar resiko munculnya kembali jaringan kanker. Namun, tidak semua jenis lemak harus kamu hindari. Hanya jenis lemak jenuh yang menjadi pantangan makanan bagi penyintas kanker. Beberapa contohnya adalah daging sapi, olahan daging panggang atau daging asap, paha ayam, krim susu, keju, susu, mentega, dan jeroan.

2. Alkohol

makanan yang tidak boleh untuk penderita kanker

Penelitian mengatakan bahwa alkohol merupakan salah satu penyebab munculnya beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, tenggorokan, laring, liver, dan payudara. Bagi orang yang sudah mengidap kanker, mengkonsumsi alkohol dapat memperbesar kemungkinan munculnya kanker di tempat berbeda. Bagi mereka yang telah menyelesaikan pengobatan kanker dan dinyatakan sembuh, alkohol pun sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Alkohol memiliki kadar gula yang tinggi. Efeknya bahkan bisa lebih parah untuk wanita dan orang dengan kelebihan berat badan.

3. Makanan cepat saji dan yang diawetkan

makanan yang tidak boleh untuk penderita kanker

Bahan makanan yang tidak segar baik itu diawetkan atau berupa makanan cepat saji, cenderung memiliki kadar gizi yang kecil. Bahkan, makanan yang diawetkan mengandung senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogenik yang tidak baik bagi tubuh. Hal itu barulah dampak jika memang pengawet yang digunakan adalah yang khusus makanan.

Berbeda halnya dengan dampak yang disebabkan oleh produsen-produsen makanan nakal yang menggunakan formalin. Hasilnya bisa lebih parah. Formalin ini bersifat hepatotoksik atau racun bagi organ hati, sehingga semakin lama mengganggu sistem kerja sel dan jaringan yang akhirnya memicu kanker.

4. Makanan Mentah

makanan yang tidak boleh untuk penderita kanker

Pasien kanker yang melakukan kemoterapi akan mengalami pengurangan jumlah sel darah putih dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, makanan mentah seperti sayuran, telur, dan ikan adalah pantangan makanan bagi penyintas kanker. Jenis-jenis itu memiliki kemungkinan lebih besar terkontaminasi bakteri dibandingkan yang telah dimasak. Dampaknya, kekebalan tubuh yang lemah dan bakteri dari makanan mentah bisa menimbulkan penyakit lainnya pada penderita kanker.

Itulah daftar makanan yang tidak boleh untuk penderita kanker. Yuk, jaga nutrisi dan pilihan makananmu dari sekarang!

Kamu dan orang tersayang tidak perlu melawan kanker sendirian. Di Kitabisa, ada ribuan #OrangBaik yang siap membantumu untuk berjuang bersama. Yuk, galang dana sekarang!

galang dana

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved