Cerita Pak Kusnady Bikin Jumat Berkah di Kampung Halaman

Cerita Pak Kusnady Bikin Jumat Berkah di Kampung Halaman

Sejak tiga tahun lalu, bapak Dedi Kusnady telah rutin melaksanakan kegiatan Jumat Berkah bersama Kitabisa. Melalui halaman galang dana Box Sedekah, ia telah mengumpulkan lebih dari Rp 50 juta untuk biaya operasionalnya menjalankan kegiatan tersebut.

Berkeliling dengan motor bekas yang ia tambahkan box makanan di bagian belakang, ia membagikan makanan gratis setiap hari jumat untuk para dhuafa dan anak yatim di sekitar tempat tinggalnya di Karawang. Biarpun saat ini kondisinya beliau sedang merantau untuk mencari nafkah di Jakarta, setiap minggu beliau masih tetap konsisten mendedikasikan sebagian waktunya untuk kegiatan ini.

Awalnya, kegiatan ini bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat sekitar lingkungannya yang membutuhkan bantuan. Ada yang dibagikan ke tetangga, penjaga masjid, anak yatim, dan lainnya.

Namun, berkat antusiasme dari kerabat dan juga teman-teman pak Kusnady kegiatan ini pun semakin berkembang. Kini setiap jumatnya, pak Kusnady dan timnya bisa membagikan lebih dari 150 nasi box gratis keliling kota Karawang. Apalagi setelah membuat galang dana di Kitabisa, lebih banyak lagi orang-orang yang membantu kegiatan jumat berkah pak Kusnady walaupun tidak kenal dengan beliau secara langsung.

“Saya percaya kalo kita berbuat baik, kita mengharapkan yang terbaik dari Allah. Kegiatan ini kan yang kita sasar anak-anak yatim ya, jadi mudah-mudahan bisa deket di surga nantinya jadi pahala jariyah. Soalnya, mimpi saya dari dulu memang pengen sekali punya pahala jariyah kayak bikin pesantren atau sekolah untuk mengajarkan Al-Quran. Semoga nanti pelan-pelan terwujud, amin” tutur pak Kusnady.

Dengan mimpi dan misi tersebutlah yang menjadi semangat pak Kusnady bisa konsisten sejak 2019 menjalankan Jumat Berkah. Biarpun sempat mengalami pasang surut, alhamdulillah kegiatan ini bisa tetap berjalan. Bahkan pak Kusnady bercerita bahwa pernah sekali waktu mereka membeli lauk dengan uang donasi online Kitabisa dan nasinya dari sumbangan beras warga sekitar rumah pak Kusnady yang juga semangat membantu.

Kamu juga bisa meniru jejak pak Kusnady! Merintis kegiatan jumat berkah kecil-kecilan dulu. Lalu, kembangkan bersama Kitabisa biar seIndonesia yang ikut bantu kamu.