4 Hal Penting untuk Galang Dana Biaya Pengobatan Orang Lain di Kitabisa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Galang Dana untuk Biaya Pengobatan Orang Lain di Kitabisa

Sejak tahun 2018, sudah ada puluhan ribu halaman galang dana untuk biaya pengobatan yang ada di Kitabisa. Ada Banyak yang mengalang dana untuk biaya pengobatan keluarga namun ada juga galang dana untuk biaya pengobatan orang lain. Semua penggalang dana untuk biaya pengobatan itu berasal dari berbagai latar belakang. Begitu pula semua pasien yang dibantu oleh penggalang dana.

Jadi, semua orang bisa menggalang dana untuk biaya pengobatan siapa saja di Kitabisa selama memenuhi syarat dan ketentuan sebagai penggalang dana (campaigner) di Kitabisa. Mau menggalang dana untuk biaya pengobatan teman kuliah, biaya operasi tetangga, atau pembelian obat untuk keluarga, itu semua bisa. Catat ya! Berikut tiga hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggalang dana untuk biaya pengobatan mereka:

1. Persetujuan dari pasien atau keluarga pasien

Sebelum kamu membuat halaman galang dana, pastikan dulu pasien sudah tau kalau kamu akan menggalang dana untuk biaya pengobatannya. Makanya, kamu harus meminta persetujuan dari pasien. Kamu juga bisa meminta persetujuan dari keluarga pasien juga kalau kamu takut dianggap pamrih kok!

2. Mengetahui informasi penting tentang pengobatan pasien

Ini gunanya kamu meminta persetujuan dari pasien. Ketika kamu meminta persetujuan, ada baiknya kamu juga menanyakan hal-hal penting dari pasien seperti perkiraan biaya pengobatan pasien dan surat medis pasien.

Biaya pengobatan pasien akan ditampilkan sebagai target halaman galang dana kamu untuk pasien. Kalau kamu belum tahu akan biaya pengobatan yang pasti, kamu bisa perkirakan biaya pengobatan pasien yang kamu mau bantu. Jika ternyata biaya yang dibutuhkan lebih atau kurang dari perkiraan, kamu bisa ubah target galang dana kamu melalui fitur “Edit campaign”.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan surat medis pasien ya! Nantinya surat medis ini akan digunakan untuk verifikasi kebenaran dari penggalangan dana yang kamu buat. Surat medis yang dilampirkan harus memuat informasi mengenai nama pasien, diagnosa sakit, serta tanda tangan dokter yang memeriksa atau cap rumah sakit.

3. Kitabisa hanya sebagai perantara pengumpulan dana

Sebagai platform galang dana, Kitabisa hanya berperan sebagai perantara pengumpulan dana kamu. Artinya, Kitabisa tidak membantu proses penyebaran halaman galang dana atau memberikan bantuan dana secara langsung. Oleh karena itu, kamu juga harus berusaha secara maksimal untuk pasien yang ingin kamu bantu ya!

Untuk menyebarkan halaman galang dana adalah kewajiban dari si penggalang dana itu sendiri. Donasi yang kamu dapat tergantung dari seberapa banyak usaha kamu untuk menyebarkan halaman galang dana kamu. Kamu bisa cari tahu cara untuk memaksimalkan galang dana kamu di sini:

4. Berkomitmen terhadap penggalangan dana yang dibuat

Selain dari usaha kamu dalam menyebarkan halaman galang dana, komitmen kamu sebagai penggalang dana dapat menarik calon donatur juga lho! Caranya kamu bisa lakukan verifikasi terlebih dahulu dan selanjutnya kamu bisa menulis kabar terbaru dari pasien yang kamu bantu ketika penggalangan dana kamu sudah berjalan atau sudah selesai.

Verifikasi identitas kamu sebagai penggalang dana dan verifikasi medis harus kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan calon donatur. Ketika galang dana kamu sudah berjalan, kamu juga bisa membagikan kabar terbaru dari pasien yang kamu bantu secara rutin kepada para donatur yang sudah membantu kamu. Selain meningkatkan kepercayaan donatur maupun calon donatur, kabar terbaru yang kamu bagikan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kamu sebagai penggalang dana.

Oleh sebab itu, ketika halaman galang dana kamu sudah selesai dibuat, kamu perlu berkomitmen untuk menjalankan halaman galang dana tersebut. Lakukan dengan rutin menyebarkannya ke media sosial, melakukan verifikasi, dan jangan lupa untuk menulis kabar terbaru secara rutin. Cek caranya dalam video di bawah ini ya:

Menggalang dana adalah salah satu bentuk dari usaha kita untuk kesembuhan orang tersayang atau galang dana untuk biaya pengobatan orang lain, siapa pun itu. Yuk, bantu biaya pengobatan teman atau kerabatmu melalui galang dana di Kitabisa!

Galang dana pengobatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved