Cara Dapat Donasi di Minggu Pertama Menggalang Dana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Setelah galang dana yang dibuat berhasil tayang, tidak sedikit penggalang dana yang justru bertanya-tanya selanjutnya harus apa? Gimana sih cara dapat donasi pertama?

Nah, mumpung lagi semangat-semangatnya di hari pertama menggalang dana, tim Kitabisa sudah siapkan jurus jitu cara dapat donasi di 7 hari memulai galang dana.

Lakukan verifikasi galang dana

Jika galang dana ini merupakan pengalaman pertamamu, pastikan kamu melakukan verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi dibutuhkan sebagai syarat mencairkan dana donasi yang nantinya terkumpul pada halaman galang dana.

Selain sebagai syarat pencairan dana, verifikasi bisa meningkatkan kepercayaan calon donatur lho. Sebab, kebanyakan donatur akan cenderung memilih berdonasi ke galang dana yang sudah terverifikasi.

Baca juga: Cara Verifikasi Akun Kitabisa

Cek ulang deskripsi dan foto halaman galang dana

Pada saat mengajukan pembuatan halaman galang di Kitabisa, mungkin kamu hanya fokus menceritakan siapa penerima manfaat, kondisi mereka dan tujuan galang dananya. Poin-poin tersebut sudah benar. Hanya saja, akan lebih optimal jika cerita pada deskripsi galang danamu bisa menggugah hati calon donatur.

Membuat cerita yang bisa menggugah hati orang lain tidaklah sulit. Yang perlu kamu lakukan adalah gunakan bahasa yang personal dan sederhana, namun memiliki informasi dan tujuan yang jelas.

Setelah itu, tambahkan foto agar calon donatur semakin terbayang keadaan penerima manfaat dari galang danamu. Jangan lupa! Pastikan foto yang kamu masukan jelas (tidak blur) dan punya resolusi yang bagus ya.

Berikan rencana penggunaan donasi galang danamu

Sebagai salah satu syarat pembuatan galang dana, informasi tentang rincian penggunaan donasi pasti sudah pernah kamu tuliskan. Sayangnya, info tersebut tidak otomatis muncul di halaman galang dana kamu sehingga harus dituliskan kembali secara manual.

Baca juga: Cara Lain Menuliskan Rencana Penggunaan Donasi

Selain sebagai bentuk transparansi yang meningkatkan kepercayaan donatur, rincian rencana penggunaan dana akan memudahkan dalam menentukan nominal donasi yang akan mereka sumbangkan.

Kabari keluarga dan orang terdekatmu

Setelah semua poin di atas selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyebarkan link halaman galang danamu. Sebagai permulaan, share galang danamu ke keluarga dan orang-orang terdekatmu dulu. 

Buat daftar kontak keluarga dan orang yang akan kamu hubungi. Kamu hanya perlu ceritakan apa tujuan galang dana dan usaha apa saja yang sudah kamu lakukan untuk penerima manfaat menggunakan bahasa yang santai. Anggap saja sedang ngobrol seperti biasanya.

Cara seperti ini ampuh mendatangkan donasi. sebab Menurut data, 50% donasi pertama yang didapat oleh penggalang dana berasal dari orang terdekat. Mereka akan selalu mendukung kegiatan baik yang kamu lakukan.

Sebar juga link galang dana ke grup WhatsApp

Setelah berhasil ajak orang terdekat untuk berdonasi, sekarang saatnya menambah daftar calon donatur dengan menyebarkan link galang dana ke grup-grup whatsapp yang kamu ikuti. 

Ketika menyebarkan galang dana melalui grup whatsapp ada dua kesalahan umum yang sering dilakukan oleh penggalang dana yaitu menggunakan template broadcast dan menyebar di waktu yang tidak tepat.

Kedua hal ini wajib kamu hindari agar usaha yang kamu lakukan bisa mendapatkan hasil yang optimal. Caranya, kenali karakter umum orang-orang yang ada di grup tersebut. Apakah di grup itu berisi mayoritas ibu-ibu komplek, teman sepergaulan, atau kolega tempat kamu bekerja. 

Dengan begitu kamu bisa dengan mudah menentukan pilihan bahasa apa yang cocok digunakan dan juga waktu yang paling tepat (waktu luang calon donatur) mengirim ajakan berdonasi.

Posting kegiatan galang danamu di media sosial

Cara dapat donasi berikutnya adalah dengan rutin share kegiatan galang danamu di seluruh media sosial yang kamu punya. Cara ini terbukti dapat meningkatkan meningkatkan keberhasilan galang dana hingga 70% jika dilakukan dengan maksimal.

Sebelum mulai, baca dan tonton video tips posting galang dana di media sosial di sini

Jangan hanya minta donasi, minta sebar juga

Gak perlu berkecil hati jika orang yang kita hubungi belum bisa bantu donasi. Kamu bisa ajak mereka menyebarkan halaman galang dana ke keluarga dan kerabat mereka. Karena pada dasarnya, makin banyak orang yang tau makin besar pula peluangmu mendapatkan tambahan donasi.

Dengan begitu mereka yang belum bisa berdonasi tetap bisa berpartisipasi melakukan kebaikan namun dengan cara yang berbeda.

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved