Teman Sedikit? Begini Cara Publikasi Galang Dana Agar Tetap Efektif!

Teman Sedikit? Begini Cara Publikasi Galang Dana Agar Tetap Efektif!

Setelah halaman galang dana jadi, hal pertama yang harus dilakukan ialah publikasi galang dana. Kabarkan ke semua orang tentang halaman galang danamu agar mereka ikut membantu menyukseskannya. Namun, bagaimana jadinya ya kalau kamu cuma punya sedikit relasi dan tidak aktif di sosial media? 

Jangan ragu, apalagi khawatir! Masih ada cara agar publikasi galang danamu tetap efektif walaupun lingkaran sosial kamu gak terlalu luas. Ikuti cara berikut ini ya:

70% Donasi Berasal dari Teman atau Keluarga Penggalang Dana

Publikasi menjadi hal penting dalam menggalang dana, sebab kebanyakan donasi yang ada pada halaman galang dana berasal dari keluarga atau teman terdekat penggalang dana. Publikasi dilakukan dengan menyebarkan link halaman galang dana dan menyusun cerita menarik dari penggalangan dana

Tapi kalau temanku sedikit, gimana cara publikasi galang dananya kak?

Sedikit teman bukan jadi masalah dalam publikasi galang dana, bahkan bisa menjadi peluang bagi beberapa orang. Berikut beberapa tips efektif agar publikasi galang dana tetap lancar meskipun dengan keterbatasan:

 

Tidak cukup dengan post, kamu harus dekati teman duluan

Beberapa dari penggalang dana memang rajin posting untuk menyebarkan link halaman galang dana namun beberapa dari mereka juga lupa untuk membalas reply yang ada pada postingan. Hindari hal ini ya!

Balasan dari followers kamu berarti ada perhatian pada postingan kamu dari followers-mu. Jika ada balasan dari followers kamu, sebaiknya kamu balas dengan cepat. Kalau tidak ada, kamu bisa bergerak duluan dengan membalas postingan followers kamu dan kemudian bisa memberitahukan kalau kamu sedang menggalang dana.

 

Bukan jarkoman, tapi private chattips 1_kesalahan pembuatan galang dana

Bukan mau melarang untuk pakai jalur jarkoman atau broadcast, baiknya ditunda dulu aja ya. Langsung chat aja orang yang ingin kamu kabari tentang penggalangan dana yang sedang kamu lakukan. Mau tanya kabar dan basa-basi juga jadi lebih enak kalau lewat private chat!

 

Ajak mereka bantu sebarin dulu

Setelah kamu tanya-tanya kabar dari keluarga atau kerabatmu, kamu bisa ajak mereka untuk donasi ke halaman galang danamu. Kamu bisa ajak mereka untuk bantu donasi atau pun untuk bantu sebarkan penggalangan dana kamu. 

tips 2_kesalahan pembuatan galang dana

Anggap ini langkah kamu untuk catching up sekaligus meminta bantuan keluarga dan temanmu. Kamu harus pede yaa!

 

Kontak yang berkualitas yang menentukan 

Bukan dari banyaknya jumlah kontak, tapi kontak yang berkualitas yang menentukan. Apakah kamu punya kontak dari seorang CEO dari suatu perusahaan? Apakah kamu berkenalan dengan seseorang yang terkenal dalam bisnis? 

Kadang-kadang banyak jumlah kontak juga tidak menentukan banyaknya donasi pada halaman galang dana. Penggalang dana yang punya followers dan kontak sedikit belum tentu juga akan mendapatkan donasi yang sedikit pada halaman galang dananya. Semua ditentukan dari usaha si penggalang dana. 

tips 3_kesalahan pembuatan galang dana


Beberapa tips tadi bisa kamu jadikan acuan kamu untuk tetap sebarkan link halaman galang dana dengan efektif. Kamu juga bisa lihat apa yang kurang dari halaman galang dana kamu kalau donasinya masih 0

Ingat, gak harus sempurna tapi yang penting usaha ya!