4 Kesalahan Pembuatan Halaman Galang Dana di Kitabisa

4 Kesalahan Pembuatan Halaman Galang Dana di Kitabisa

Pembuatan halaman galang dana di Kitabisa memang mudah. Kamu bisa ikuti tutorial untuk membuat halaman galang dana medis maupun non-medis. Beberapa orang membuat galang dana dengan mudah namun beberapa lainnya merasa sulit karena galang dananya mungkin pernah ditolak sebelumnya.

Penolakan terhadap pengajuan galang dana dikarenakan adanya kesalahan. Beberapa orang lainnya itu tidak sadar kalau yang dilakukannya itu salah karena melanggar syarat dan ketentuan penggalangan dana di Kitabisa. Demi menarik para donatur dan meningkatkan kepercayaannya, ada baiknya kamu baca ini dulu sebelum kamu membuat penggalangan dana ya! Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat pembuatan penggalangan dana seperti:

Keliru Kategori

galang dana orang sakit dan lainnya

Penggalangan dana di Kitabisa terbagi jadi dua, yaitu galang dana orang sakit dan galang bantuan lainnya. Galang dana orang sakit disebut juga galang dana medis dan galang bantuan lainnya disebut juga galang dana non-medis.

Galang dana orang sakit digunakan untuk galang dana biaya pengobatan orang sakit kecuali untuk alat bantu bagi difabel sedangkan galang dana lainnya itu untuk galang dana selain biaya pengobatan orang sakit. Galang bantuan lainnya ditujukan untuk galang dana bencana alam, bantuan pendidikan, bangun masjid, kegiatan sosial, lingkungan, dan lain sebagainya. Pastikan  penggalangan dana yang kamu ajukan sudah sesuai ya!

Deskripsi dan Foto Tidak Asli

foto asli dan dengan sumber

 

Guna meningkatkan kepercayaan donatur, kamu sebagai penggalang dana harus mencantumkan foto asli atau milik sendiri. Kamu bisa mencantumkan foto yang bukan milik sendiri dengan mencantumkan juga sumbernya. 

Saat pembuatan penggalangan dana, foto harus diikutsertakan. Begitu pun dengan deskripsi pada penggalangan dana. Jika kamu mengutip data/artikel/berita, kamu harus juga mencantumkan sumbernya.

Penulisan Deskripsi

penulisan deskripsi

Deskripsi pada penggalangan dana kamu digunakan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang galang dana yang dijalani. Kamu bisa mulai dengan berkenalan sebagai penggalang dana dahulu kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang galang dana beserta foto pendukung penggalangan dana, yaitu foto penerima manfaat atau foto kegiatan.

Rincian Penggunaan Donasi

Informasi tentang penggunaan donasi juga sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan donatur. Para calon donatur pasti akan melihat rencana penggunaan donasi sebelum mereka berdonasi. Maka dari itu, kamu perlu membuat rincian penggunaan dana donasi sebelum membuat halaman galang dana

Melanggar Community Guideline 

Tidak semua kebutuhan diperbolehkan menggalang dana di Kitabisa. Sebab, Kitabisa hanya mengutamakan penggalangan dana yang siafatnya tolong menolong untuk kepentingan bersama. Jika pengajuan galang danamu pernah ditolak, pastikan kebutuhan dan tujuan galang danamu tidak melanggar ketentuan berikut ini:

  1. Memberikan informasi dan dokumen yang tidak benar
  2. Memuat konten yang mengandung cyber-bullying
  3. Memuat konten yang mengganggu (disturbing)
  4. Memuat konten yang mengandung pornografi
  5. Memuat konten yang mengandung ujaran kebencian serta SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan)
  6. Memuat konten yang copyright/IP dimiliki pihak lain tanpa izin
  7. Menggalang dana (donasi) untuk kegiatan politik praktis
  8. Menggalang dana (donasi) untuk tujuan yang dapat mengganggu ketertiban umum
  9. Menggalang dana (donasi) tanpa seizin Penerima Manfaat
  10. Menggalang dana (donasi) untuk utang
  11. Menggalang dana (donasi) dengan konten dan tujuan untuk kebutuhan tersier
  12. Menggalang dana (donasi) untuk kepentingan diri sendiri
  13. Menggalang dana (donasi) untuk pembebasan lahan (sengketa lahan)
  14. Memuat konten yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Kitabisa

Penjelasan lebih lengkap terkait syarat dan ketentuan menggalang dana di Kitabisa dapat kamu baca di sini ya

Nah, itu dia beberapa kesalahan dalam pembuatan halaman galang dana yang sering terjadi. Sekarang, kamu sudah bisa ajukan halaman galang dana di Kitabisa tanpa ragu akan ditolak ya! Baca juga artikel pentingnya akun sosial media untuk memaksimalkan galang danamu