Pahami Tipe dan Cara Pencairan Donasi Medis di Kitabisa

Pahami Tipe dan Cara Pencairan Donasi Medis di Kitabisa

Donasi pada galang dana kamu sudah mencapai target dan kamu ingin segera melakukan pencairan donasi untuk bayar tagihan pengobatan? Tenang, artikel ini akan bahas tata cara pencairan donasi medis di Kitabisa.

Sebelum mencairkan dana, pastikan kamu sudah melakukan verifikasi akun dan juga verifikasi dokumen medis ya!

Tim Kitabisa hanya akan memproses pencairan donasi medis yang sudah memenuhi syarat verifikasi. Secara umum, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pencairan donasi di Kitabisa:

Klik gambar untuk memperbesar tampilan

Cara Pencairan Donasi Medis di Kitabisa

Biar lebih terbayang proses pencairannya, kamu juga bisa tonton video cara mencairkan dana di kitabisa berikut ini:

Tipe Pencairan Donasi Medis

1. Tipe Pencairan Untuk Donasi Pengobatan Rumah Sakit

Tipe pencairan donasi pengobatan rumah sakit ini biasanya digunakan untuk membayar tagihan rumah sakit untuk tindakan medis ataupun rawat inap. Pencairan donasi pengobatan rumah sakit ditujukan langsung ke rekening rumah sakit sesuai dengan tagihan dari rumah sakit yang harus dibayarkan.

Disarankan melakukan pencairan pada waktu operasional Kitabisa, Senin-Jumat pukul 09.00 – 18.00 WIB (tidak termasuk libur nasional/cuti bersama). Untuk pencairan RS terdapat 2 mekanisme pencairannya yang pertama pencairan secara langsung dan kedua pencairan utang medis.

pencairan kitabisa

2. Tipe Pencairan Donasi untuk Operasional

Tipe pencairan donasi untuk operasional biasanya digunakan untuk biayadonasi untuk bantuan pasien selama menjalani masa pengobatan seperti akomodasi, transportasi, kebutuhan sehari-hari, dan lain-lain. Donasi untuk operasional dapat dicairkan maksimal sebesar Rp 5.000.000 per bulannya hingga 10 bulan. Pencairan ini tidak perlu menyertakan kwitansi penggunaan dananya.

 

3. Tipe Pencairan Donasi untuk Penunjang Pengobatan

Tipe pencairan untuk penunjang pengobatan biasanya digunakan untuk pembelian penunjang medis pasien selama masa perawatan seperti, pembelian susu khusus medis, obat yg tidak di cover BPJS, dan lain-lain (Termasuk seluruh kebutuhan medis yang diresepkan/dirujuk dokter/RS). Pencairan ini wajib menggunakan kwitansi dan cap resmi dari instansi medis terkait (puskesmas, rumah sakit, apotek, dan lain-lain) dan nominal pencairan sesuai dengan kwitansi tersebut.

Tipe Pencairan Donasi Medis di Kitabisa

2 Tipe Pencairan Donasi Pengobatan Rumah Sakit dan Penunjang Pengobatan

1. Tipe Pencairan Advance

Pencairan Advance ialah pencairan yang diawal sebelum tagihannya dibayarkan dan belum ada kuitansinya (kuitansinya menyusul setelah pencairan berhasil dan tagihan sudah dibayarkan), dapat diajukan dengan melampirkan kuitansi sementara dari RS beserta surat tindakan/surat rujukannya sementara untuk donasi penunjang pengobatan dengan melampirkan resep dari RS/dokter (bukan obat herbal/tradisional) dan estimasi biaya obat tersebut.

Ketika pencairannya sudah berhasil dibayarkan mas galang wajib melampirkan kuitansi resmi sebagai bukti pencairannya

2. Tipe Pencairan Reimburse

Pencairan reimburse ialah pencairan yang tagihannya sudah ditalangi atau sudah dibayarkan dengan dana pribadi dengan cara melampirkan kuitansi resmi pembayarannya dari RS saat mengajukan pencairan. Sementara untuk donasi penunjang pengobatan dengan melampirkan resep dari RS/dokter dan kuitansi resminya.

Klik untuk memperbesar gambar

Contoh Bukti Pembayaran Resmi dan Surat Rujukan RS Luar Negeri yang dapat Divalidasi

bantuan publikasi galang dana
Klik untuk memperbesar gambar
Klik untuk memperbesar gambar

Semoga artikel ini membantu kamu untuk memahami tipe dan cara pencairan donasi galang dana di Kitabisa ya. Jangan lupa! Setelah mencairkan donasi, laporkan penggunaan dananya dan ceritakan manfaatnya pada donatur yang telah membantumu melalui fitur Kabar Terbaru.

Cek tips optimasi galang dana lainnya di sini!