Bukan Menjenguk! Ini 5 Cara Bantu Pasien COVID-19

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Jumlah pasien COVID-19 masih terus naik. Tak jarang, bahkan keluarga atau teman kita sendiri yang terparas virus jahat COVID-19. Setelah munculnya varian baru Delta, jumlah pasien COVID-19 meningkat 5x lipat. Penularan semakin cepat dan sulit diprediksi.

Untuk menanggulangi dampak COVID-19, tak cukup hanya dengan melakukan protokol kesehatan demi mencegahnya. Kita juga harus saling membantu satu sama lain agar bisa situasi berat ini bisa dilalui bersama dengan lebih ringan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan sendiri, mulai dari memberikan informasi kebutuhan mendesak terkait COVID-19 di wargabantuwarga.com, memperketat prokes, hingga mendukung pasien COVID-19 biar bisa sembuh.

Bagi mereka yang jadi pasien COVID-19, yang dilawan tidak hanya virusnya lho! Namun juga mental, dana, dan waktu bisa jadi penentu. Berikut 5 cara bantu pasien COVID-19:

1. Bantu Doa dan Perhatian

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dari mana saja adalah mendoakan pasien COVID-19 untuk segera sembuh. Aksi yang sangat sederhana namun sering dilupakan. Jika mereka adalah kenalan, teman, atau keluarga, maka kamu bisa berikan perhatian lebih pada mereka.

Banyak dari pasien COVID-19 kondisinya memburuk karena berpikiran berlebihan. Kekhawatiran dan pikiran negatif yang muncul dapat mempengaruhi kondisi mental mereka dan memupus semangatnya. Apalagi, dengan maraknya berita-berita menyeramkan mengenai COVID-19 saat ini.

Terlebih jika mereka dirawat di RS dan melihat buruknya kondisi pasien lain. Jika seperti ini, kamu berperan penting untuk bangkitkan kondisi mental mereka. Tunjukkan perhatianmu dengan menanyakan kondisi mereka secara berkala, membicarakan hal-hal yang menyenangkan.

Contoh: “kalau udah sembuh nanti kita makan ini ya”, “Biar isoman gak bosen, sambil olahraga online bareng yuk” dan lain sebagainya.

2. Kirim makanan dan vitamin

Mengirim makanan atau vitamin untuk pasien COVID-19 tak hanya bisa membantu mereka dari segi asupan gizi. Cara ini juga sekaligus membantu mereka lebih semangat karena merasa banyak yang perhatian dan menyayanginya.

Tak perlu makanan atau vitamin mahal. Yang penting memiliki gizi yang baik untuk mendukung kesembuhan mereka dan niat tulusmu. Berikut beberapa ide yang bisa kamu contek:

  1. Buah-buahan yang bisa dibeli online
  2. Sayur-sayuran yang bisa dibeli online
  3. Vitamin A, B, C, dan D dalam bentuk kapsul
  4. Obat herbal yang memang punya manfaat membangun daya tahan tubuh
  5. Jahe merah
  6. Makanan siap santap yang bergizi

3. Bantu sebarkan dan berikan informasi terkait COVID-19

Dengan tingginya angka pasien COVID-19 di Indonesia, kebutuhan terhadap aspek-aspek pendukung perawatan mereka pun bertambah. Nah, kamu bisa bantu mereka yang sedang berjuang melawan virus ini dengan membantu membagikan informasi tersebut.

Dalam gerakan Warga Bantu Warga di Kitabisa, kamu bisa membantu dengan informasi berikut ini:

  1. Lokasi vaksin dan jenis vaksin yang diberikan
  2. Ketersediaan kantong darah maupun pendonor penyintas COVID-19 beserta golongan darahnya
  3. Ketersediaan stok tabung oksigen untuk mereka yang isoman
  4. Ketersediaan bed rumah sakit untuk mereka yang positif dan memiliki gejala berat
  5. Layanan ambulans
  6. Layanan pemulasaran jenazah khusus pasien COVID-19
  7. Kontak psikolog

4. Hentikan penyebaran berita hoax

Memberikan informasi terkait COVID-19 yang dijelaskan sebelumnya juga harus dipilah-pilih. Sebelum kamu menyebarkannya, cek dulu kebenarannya dengan cara:

  1. Tanyakan pada instansi resmi terkait
  2. Untuk informasi terkait obat-obatan, cek terlebih dulu pada ahlinya (dokter atau apoteker terpercaya).
    Jangan mau menyebarkan informasi dengan sumber yang tidak jelas. Apalagi, informasi yang kebenarannya masih diragukan.

Jika kamu menerima informasi dari kenalanmu dan mengetahui bahwa itu adalah palsu, jangan ragu untuk memberitahukan pada mereka. Namun, gunakan bahasa yang sopan dan lembut supaya mereka tidak tersinggung ya!

5. Urunan buat bantu biaya pengeluaran selama sakit

Salah satu cobaan terbesar bagi pasien COVID-19 adalah dana. Biaya yang dikeluarkan selama positif tidak hanya SWAB tes dan obat-obatan. Ada biaya-biaya lain yang terkadang dilupakan oleh orang misalnya adalah vitamin dan suplemen untuk penambah imunitas.

Bagi mereka yang tinggal dengan keluarga besar, harus mengeluarkan dana tambahan untuk tempat isolasi mandiri. Bagi mereka yang merantau dan tinggal sendiri, ada biaya makanan sehari-hari yang bertambah karena perlu 3x sehari, makanan yang lebih bergizi, atau bahkan ongkos kirim untuk kurir pengantar makanan.

Kamu bisa membantu mereka dengan urunan. Jika butuh dana yang cukup besar, galang dana di Kitabisa juga dapat menjadi solusi.

Klik di sini untuk informasi terkait cara galang dana di Kitabisa!

Sudahkah kamu melakukan 5 cara ini untuk bantu keluarga atau temanmu yang jadi pasien COVID-19? Kalau belum, yuk mulai dari sekarang. Jangan tunggu arahan dari orang lain, kamu bisa mulai ringankan beban sesama mulai dari gerakanmu sendiri.

Yuk, jadi bagian dari semangat Warga Bantu Warga! Klik gambar di bawah untuk ikut berkontribusi!

#wargabantuwarga untuk pasien covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved