Sekolah Tatap Muka Dimulai, Bagaimana dengan Kebutuhan Pendidikan Anak Yatim karena Covid-19?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
bantuan seragam yatim

Sebentar lagi sekolah tatap muka direncanakan untuk diterapkan. Lalu, bagaimana persiapan kebutuhan pendidikan anak yatim untuk sekolah?

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun lamanya. Selama itu pula sudah banyak nyawa yang menjadi korban keganasan virus corona ini. Yang lebih membuat sedih, banyak dari korban jiwa yang meninggalkan anak-anak dengan usia yang relatif belia. Lalu bagaimana nasib pendidikan anak-anak yatim ini?

Lebih dari 20 Ribu Anak Yatim karena Pandemi

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ,Bintang Puspayoga angka anak yatim, piatu, dan yatim piatu, di Indonesia akibat dampak pandemi Covid-19 berjumlah 20.887 anak. Anak-anak ini berada di usia rentan yang masih sangat membutuhkan dukungan moril dan materil untuk membantu tumbuh kembangnya, tidak terkecuali pendidikan. Salah satu aspek terpenting untuk bekal mereka di masa depan.

pendidikan anak yatim

Belum lama ini, menyambut tahun ajaran baru, pemerintah menerapkan uji coba proses pembelajaran tatap muka di sekolah untuk beberapa daerah. Tentu hal ini tentu disambut baik oleh sebagian siswa yang sudah merasa jenuh belajar dari rumah. Namun, hal ini juga menyisakan keraguan untuk beberapa siswa yang kehilangan orang tuanya karena pandemi.

Bukan karena semangat belajar mereka yang hilang, tapi ada rasa takut tidak bisa memenuhi kebutuhannya selama bersekolah. Kebutuhan seperti alat tulis, seragam hingga tagihan spp yang harus dibayarkan tiap bulan menjadi beban pikiran mereka. Untuk memenuhi hal tersebut, kamu bisa bantu mereka lho.

Bantu Pendidikan Anak Yatim Hanya Lewat HP

Bantuan alat sekolah

Keadaan ekonomi yang memburuk selama masa pandemi bukan alasan bagi kamu untuk membiarkan anak-anak yatim berjuang sendirian untuk pendidikannya. Kamu tetap bisa memberikan bantuan pendidikan dengan membuka galang dana di Kitabisa. Ada jutaan #OrangBaik yang siap membantu niat baik kamu. Dengan begitu kebutuhan pendidikan anak yatim bisa terpenuhi tanpa kamu mengeluarkan uang sepeserpun.

1. Buat Halaman Galang Dana

Untuk membuat halaman galang dana di kitabisa, kamu hanya akan diminta untuk login menggunakan email atau nomor whatsapp yang kamu punya. Setelah itu, isi data diri dan deskripsi galang dana kamu. Pastikan tujuan galang dana kamu tersampaikan dengan jelas dan meyakinkan untuk calon donatur kamu.

Jika kamu masih bingung, berikut tips yang bisa kamu ikuti saat menulis deskripsi di bawah ini:

Khusus untuk bantu pendidikan anak yatim, banyak hal yang bisa kamu bantu. Mulai dari memberikan mereka alat sekolah seperti seragam, sepatu dan alat tulis hingga memberikan beasiswa penuh agar mereka bisa tenang dan fokus dalam menuntut ilmu tanpa memikirkan biaya sekolah.

Baca juga: Ide Galang Dana Pendidikan

2. Sebar Galang Dana di Media Sosial

Setelah galang dana kamu tayang, jangan lupa publikasikan galang dana lewat media sosial. Hal ini penting banget kamu lakukan agar makin banyak orang yang tahu soal galang dana kamu, dan semakin banyak pula kesempatan kamu untuk mendapatkan donasi. Namun pastikan kamu tonton video berikut ya, agar makin efektif publikasinya

3. Donasi Terkumpul dan Siap Dicairkan

Jika donasi di halaman galang dana kamu sudah terkumpul, kamu bisa melakukan pencairan dan bersiap untuk menyalurkan bantuan tersebut untuk pendidikan anak yatim yang kamu tuju. Untuk melakukan proses pencairan, kamu hanya harus melengkapi beberapa data seperti nomor rekening dan rencana penggunaan dana. Pencairan donasi kamu akan diproses maksimal 2×24 jam kerja.

 


Agar galang dana yang kamu punya bisa lebih maksimal, tonton tips dan trik menggalang dana di playlist Kitabisa Academy.

Tunggu apa lagi? Bantu penuhi kebutuhan pendidikan anak yatim sekarang juga dengan galang dana!

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved