Ide Galang Dana Bantuan Pendidikan yang Bisa Kamu Tiru

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
cara galang dana pesantren

Kita sama-sama sepakat bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting. Namun, di Indonesia masih banyak anak belum mendapatkan pendidikan yang layak. Banyak faktor yang membuat hal ini terjadi seperti faktor ekonomi keluarga ataupun faktor geografis yang menyulitkan pemerataan pendidikan di setiap daerah Indonesia.

Nah, merujuk kesulitan di atas, kamu bisa lho membantu siswa-siswa di lingkungan tempat tinggalmu mendapatkan pendidikan yang lebih layak. Caranya gampang banget, buka galang dana bantuan pendidikan di Kitabisa. Lihat sekitarmu, dan tentukan bantuan apa yang ingin kamu berikan.

Jika masih bingung, berikut ide-ide galang dana bantuan pendidikan yang bisa kamu tiru:

1. Membagikan Gadget untuk Sekolah Online

Sejak masa PPKM diberlakukan, pelajar dari mulai tingkat dasar hingga mahasiswa harus menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, sistem baru ini bukan tanpa kendala. Tidak sedikit pelajar yang tidak bisa mengikuti PJJ karena tidak memiliki fasilitas pendukung seperti gadget dan akses internet.

Kamu bisa bantu sediakan gadget dan akses internet dengan membuat galang dana untuk pelajar yang kurang mampu. Kamu bisa memulainya dari lingkungan terdekat kamu. Cari tahu apakah ada tetangga di daerahmu yang membutuhkan bantuan tersebut karena untuk sebagian keluarga yang masih kekurangan, gadget dan internet bukanlah kebutuhan utama mereka.

Seperti yang sudah dilakukan oleh Ghina Galiya, seorang wartawan asal jakarta. Berawal dari niat baik mengumpulkan Hp bekas bersama komunitasnya untuk modal membuat dapur umum, ternyata ia mendapati suatu daerah yang hanya memiliki satu Hp. Penggunaannya digilir untuk keperluan anak-anak sekolah online.

Sejak saat itulah ia memutuskan untuk fokus menyediakan Hp bekas dan akses internet untuk pelajar yang membutuhkan. Ghina dan komunitasnya berhasil menyediakan ratusan Hp dari penggalangan dana yang dibuatnya.

2. Berbagi Seragam dan Alat Sekolah untuk Anak Yatim

Di beberapa daerah, percobaan sekolah tatap muka sudah dimulai pada awal tahun ajaran baru ini. Tapi, tidak semua tidak semua pelajar sudah siap dengan hal ini. Terlebih untuk mereka yang kehilangan orang tua akibat pandemi. Sulit bagi mereka untuk mempersiapkan kebutuhannya seperti alat tulis dan seragam sekolah.

bantuan pendidikan yatim

Kamu bisa memberikan hadiah kenaikan kelas berupa alat dan seragam sekolah kepada pelajar-pelajar yatim yang membutuhkan. Agar makin banyak yang bisa kamu bantu, kamu bisa buka galang dana di kitabisa dan ajak keluarga dan kerabat kamu ikut berpartisipasi dalam kegiatan baik yang kamu lakukan.

3. Traktir Pendaftaran Ujian Perguruan Tinggi

Di saat pelajar SMA sibuk belajar untuk ujian masuk ke perguruan tinggi terbaik, masih banyak siswa kurang mampu harus menggugurkan impiannya untuk kuliah hanya karena tidak mempunyai cukup uang untuk mendaftar ujian.

bantuan kuliah

Bantu mereka dengan membuka galang dana untuk biaya pendaftaran ujian mereka. Mungkin sekilas terlihat sederhana. Namun, dengan melakukan hal sederhana ini kamu sudah membukakan jalan mereka meraih cita-citanya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Eka Putri, seorang siswa SMA pada UTBK tahun 2020. Rasa simpati Eka melihat banyak sekali teman-temannya kesulitan membayar biaya pendaftaran ujian masuk perguruan tinggi menggerakkan dirinya untuk membuka galang dana untuk bantu sesama. Dari galang dana ini, Eka bisa membantu lebih dari 150 siswa kurang mampu untuk mendaftar ujian masuk perguruan tinggi.

4. Beasiswa Kuliah dan Bantuan Pendidikan untuk Siswa Kurang Mampu

beasiswa kuliah gratis

Mungkin beberapa dari kita akan merasa sangat senang dan bangga ketika mendapat kesempatan belajar di kampus yang kita impikan. Namun tidak dengan pelajar dari keluarga yang terdampak pandemi. Dibalik senyuman bangga mereka, masih ada kegelisahan yang mereka rasakan karena tidak punya cukup uang untuk membayar uang kuliah karena orang tuanya kehilangan pekerjaan.

Kamu bisa buat galang dana untuk berikan mereka beasiswa masuk ke perguruan tinggi yang mereka sudah idam-idamkan. Selain membahagiakan seorang pelajar, kamu juga sudah mendekatkan mereka dengan masa depan yang lebih baik.

5. Bangun Sekolah di Daerah Pelosok

Ide terakhir, untuk mempercepat pemerataan pendidikan di Indonesia, Kamu bisa menggalang dana untuk bangun sekolah, pesantren ataupun taman belajar di daerah pelosok nusantara. Biasanya alasan anak di daerah terpencil tidak mendapat pendidikan yang layak karena akses menuju sekolah yang terlampau jauh dan ditambah medan yang sulit ditempuh.

Karena itulah, membangun sekolah di pelosok bisa menjadi salah satu solusi agar mereka juga bisa menerima haknya mendapatkan pendidikan yang setara dengan anak Indonesia lainnya.


Itulah beberapa ide galang dana bantuan pendidikan yang bisa kamu lakukan. Jika sudah siap untuk memberi dampak baik bagi pendidikan anak di Indonesia, klik gambar di bawah untuk mulai galang dana ya!

Galang Dana Untuk Pasien Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved