Ayat Al-Quran dan Hadits Membangun Masjid

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
hadits membangun masjid

Mendapatkan pahala jariyah dari membangun masjid sudah jadi impian bagi seluruh umat muslim. Sebab, aliran pahala yang tidak terputus dari setiap ibadah yang dilakukan di masjid tersebut mungkin bisa jadi salah satu pengantar menuju surga Allah.

Nah, kamu sudah tahu belum banyak sekali keutamaan yang kita dapatkan selain amal jariyah. Berikut ayat dan hadits tentang pahala membangun masjid.

Ayat Alquran tentang Bersedekah dan Membangun Masjid

1. QS. At-Taubah 9: Ayat 18

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.

Sesuai penjelasan dari Imam Ibnul Jauzi pada kitab Zaadul masiir” 3/408, yang dimaksud memakmurkan masjid pada ayat ini adalah orang-orang yang selalu mendatangi masjid dan berdiam di dalamnya dalam rangka beribadah serta orang-orang yang membangun dan memperbaiki masjid.

2. QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 133-134

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

3. Al-Baqarah 2: Ayat 261

Perumpamaan (infak yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.”

4. Saba’ 34: Ayat 39

Katakanlah, ‘Sesungguhnya Rabbku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya’.

Khusus untuk 3 ayat di atas, Allah berulang kali menjanjikan pahala, melapangkan, dan memberikan ganjaran rezeki yang berlipat bagi hamba-Nya yang ikhlas menginfakkan hartanya di jalan Allah.

Hadits tentang Bersedekah dan Membangun Masjid

1. HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533

Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.

2.Sunan Ibni Majah 1/88, no. 242

Rasulullah bersabda,

Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya –-beliau menyebutkan di antaranya–, (yakni) mushaf yang ia tinggalkan, masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya dikala sehat dan hidupnya, maka ia akan bakal menghampirinya sepeninggalnya.

3. HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.

Banyak ulama menafsirkan secara sederhana yang dimaksud dari hadits ini adalah membangun dengan cara menyempurnakan bagian-bagian yang dibutuhkan agar masjid tersebut dapat berdiri kokoh (meskipun hanya sebuah bata) hingga pada akhirnya dapat digunakan untuk beribadah kepada Allah Taala.

Baca juga: Keuntungan Sedekah Online untuk Masjid via Kitabisa

Sayangnya, masih banyak yang keliru karena beranggapan untuk membangun masjid harus memiliki harta yang melimpah dan mengeluarkan dana yang banyak. Nyatanya, kamu bisa wujudkan impian membangun masjid dengan buka galang dana di kitabisa.com melalui smartphone yang kamu punya.

Ajak orang-orang terdekat seperti keluarga dan kerabat untuk ikut bersedekah pada galang dana masjid yang kamu buat, sehingga mereka juga bisa mendapat manfaat amalan jariyah dari setiap rupiah yang mereka berikan. Buka galang dana pembangunan masjid sekarang dengan klik banner di bawah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved