Kumpulan Media Sosial Support Group Kesehatan Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
support group kesehatan

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata support group kesehatan? Mungkin sebagian dari kamu yang mengidap atau merawat pasien dengan penyakit tertentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini ya.

Nah buat kamu yang belum tahu, support group adalah sebuah wadah bagi orang-orang saling mendukung, bertukar pikiran, dan berbagi pengalaman dilandasi dengan kesamaan penyakit yang dialami. Selain membantu menjawab kebingungan kamu soal penyakit tertentu, support group juga bisa jadi tempat bercerita untuk menghilangkan rasa gelisah terhadap penyakit yang dihadapi.

Tertarik untuk gabung tapi tidak tahu caranya? Tenang saja, dalam artikel ini kami sudah mengumpulkan support group berdasarkan nama penyakit yang bisa kamu ikuti beserta akun media sosialnya.

Support Group Penyakit Jantung

1. Grup Asam Lambung, Jantung, Empedu, Limpa, Hati (Penyakit Dalam)

Grup ini bersifat Private, yang artinya kamu hanya bisa melihat atau menulis jika sudah tergabung dalam grup ini. Namun, siapapun dapat bergabung dalam support group ini selama mematuhi aturan yang telah disepakati. Di group ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai pengobatan untuk penyakit lambung, jantung, dan penyakit dalam dari 163.000 anggota lain yang sudah bergabung. 

Gabung Grup Asam Lambung, Jantung, Empedu, Limpa, Hati

2. Forum Diskusi Penyakit Jantung Bawaan

Group ini diperuntukan kepada penderita, keluarga, sahabat, dan pemerhati penyakit Jantung Bawaan. Forum Diskusi Penyakit Jantung Bawaan memiliki lebih dari 6000 anggota yang aktif berinteraksi satu sama lain seputar informasi pengobatan, RS, dan jenis obat jantung. 

Gabung Forum Diskusi Penyakit Jantung Bawaan

3. Pencegahan & Pengobatan Jantung Koroner

Grup Pencegahan & Pengobatan Jantung Koroner merupakan grup facebook yang bersifat terbuka dan bisa diikuti oleh setiap orang. Grup ini berisikan 5.200 anggota yang merupakan pasien, keluarga pasien, serta spesialis Jantung yang siap membantu kamu untuk konsultasi terkait penyakit Jantung Koroner. 

Gabung Pencegahan & Pengobatan Jantung Koroner

4. Little Heart Community

Little Heart Community merupakan support group yang berfokus untuk membantu anak-anak dengan penyakit jantung bawaan. Grup ini sudah diikuti hampir 4000 anggota, Group Little Heart Community memfasilitasi para orang tua dengan anak yang terdiagnosa penyakit jantung bawaan untuk bertukar informasi dan sharing antar anggota. 

Gabung Support Group Little Heart Community 

Support Group Penyakit Kanker

1. Peduli Kanker Indonesia

Peduli Kanker Indonesia merupakan support group yang aktif membahas informasi seputar kanker, tips pengobatan dan juga tempat saling mendukung pagi para pejuang kanker. Grup ini berisikan lebih dari 14 ribu anggota yang aktif berbagi informasi tentang semua jenis kanker, tips-tips pengobatan, serta saling membantu dan mendukung para Pejuang Kanker. 

Gabung Peduli Kanker Indonesia

2. Kanker Payudara – Berbagi Info

Group ini berupaya menyediakan informasi terutama untuk teman teman yang baru saja terdiagnosa Kanker Payudara. Semua postingan di group ini adalah diskusi antar anggota (bukan ahli medis). Kamu bisa membaca postingan dan mendapatkan informasi mengenai pengobatan kanker payudara dari >750 anggota yang sudah bergabung di group ini. 

Gabung Support Group Kanker Payudara

3. Komunitas Peduli Kanker Anak Indonesia

Komunitas ini adalah sebuah wadah untuk saling merangkul dan meringankan beban saudara kita yang memiliki anak yang terdiagnosa penyakit kanker. Support group ini berisikan 560 anggota yang tergabung untuk saling membantu memberikan informasi maupun saling berdonasi di halaman galang dana yang dibagikan oleh anggota grup yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. 

Gabung Komunitas Peduli Kanker Anak Indonesia

Support Group Penyakit Atresia Ani

1. Atresia Ani dan Hirschsprung (Berbagi Pengalaman)

Support group ini banyak diikuti oleh orang tua muda dengan anak yang didiagnosa mengidap Atresia Ani. Penyakit ini merupakan salah satu jenis cacat lahir yang terjadi sejak trimester pertama kehamilan. Group yang berisikan lebih dari 350 anggota ini menjadi tempat yang tepat untuk berbagi informasi dan pengalaman penanganan Atresia ani. Klik tombol di bawah untuk gabung group facebook ini.

Atresia Ani dan HirschsprungGabung Support Group 

2.Baby Stoma Community

Baby Stoma Community merupakan komunitas yang menaungi para orang tua yang memiliki anak dengan stoma. Berbeda dengan kebanyakan support group yang memakai grup facebook, Baby Stoma Community menggunakan WhatsApp group sebagai media berinteraksi. Untuk masuk ke WhatsApp group Baby Stoma Community ini, kamu bisa menulis pesan lewat DM di Instagram @baby_stoma. https://www.instagram.com/baby_stoma/

Follow Baby Stoma Community

Support Group Penyakit Gangguan Pendengaran

1. Dunia Tak Lagi Sunyi (DTLS)

Group Dunia Tak Lagi Sunyi ini bukan hanya berisikan orangtua pasien tapi juga berisikan Keluarga, teman, dokter, terapis, Guru, berbagai komunitas, yayasan yang memang peduli dengan masalah pendengaran dan tumbuh kembang anak serta Difabel pendengaran yang saling menguatkan satu sama lain. Group ini berisikan 3.800+ anggota yang saling sharing mengenai gangguan pendengaran dan cara mengatasinya. https://www.facebook.com/groups/duniataklagisunyi

Gabung Support Group Dunia Tak Lagi Sunyi (DTLS) 

2. Keluarga Implan Koklea Indonesia (KIKI)

Group ini dibuat sebagai media silaturahmi dan saling mendukung antara pemakai implan koklea maupun keluarganya. Group ini juga terbuka untuk dokter, terapis pekerja jasa penyedia implan yang lingkup kerjanya berinteraksi dengan pasien/ klien pengguna implan koklea. 

Gabung Keluarga Implan Koklea Indonesia (KIKI)

3. Pecahkan Kesunyian

Pecahkan Kesunyian adalah komunitas yang berfokus kepada anak anak yang memiliki kebutuhan khusus, terutama gangguan dengar / hearing loss / tuna rungu / tuli. Di komunitas ini, para anggota bergotong royong saling membantu untuk memfasilitasi para anggotanya agar bisa mendapatkan Alat Bantu Dengar.

Gabung Support Group Pecahkan Kesunyian

Support Group Penyakit Lainnya

1. Forum Sharing Diabetes

Support group ini ditujukan untuk berbagi pengalaman bagi para penyandang, pemerhati, dan orang yang peduli terhadap diabetes. Berisikan lebih dari 6.500 anggota, group ini menyediakan informasi seputar penanganan penyakit dan gaya hidup sehat agar terhindar dari diabetes. 

Gabung Forum Sharing Diabetes

2. Cerebral Palsy Indonesia

Cerebral palsy atau lumpuh otak adalah penyakit yang menyebabkan gangguan pada gerakan dan koordinasi tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan perkembangan otak, yang biasanya terjadi saat anak anak. Anggota group Cerebral Palsy Indonesia saat ini sudah mencapai 3.800 anggota. Di group ini, kamu bisa mendapatkan informasi terkait penanganan penyakit Cerebral Palsy dan sharing dengan sesama anggota nya.

Gabung Support Group Cerebral Palsy Indonesia 

3. Rumah Ramah Rubella

Rumah Ramah Rubella adalah komunitas yang diperuntukkan khususnya bagi para orangtua dengan anak yang anak-anaknya mengalami infeksi TORCH kongenital/bawaan. Berisikan hampir 30.000 Anggota, group Rumah Ramah Rubella memfasilitasi para orang tua dengan anak yang terdiagnosa rubella untuk bertukar informasi dan sharing antar anggota. https://www.facebook.com/groups/rumahramahrubella/

Gabung Rumah Ramah Rubella

4. Thalasemia Indonesia

Thalasemia adalah kelainan darah yang membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah. Terkadang penyakit ini masih sering disepelekan oleh banyak orang. Oleh karena itu grup ini didirikan pada awal tahun 2009 sarana komunikasi para thaller, orang tua, dokter, pemerhati dan simpatisan thalasemia di Indonesia. Kamu bisa klik tombol di bawah untuk bergabung dalam support group ini   

Gabung Support Group Thalasemia Indonesia 

Nah, itu dia beberapa daftar support group yang bisa kamu ikuti untuk menambah informasi sekaligus berbagi cerita. Jika kamu tahu media sosial support group penyakit lainnya, kamu bisa lengkapi daftar support group di atas dengan isi form berikut ini ktbs.in/info-supportgroup.

Buat kamu yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan, jangan ragu untuk buka galang dana di Kitabisa. Ada banyak #OrangBaik yang peduli dan siap siap berdonasi untuk kesembuhanmu.

Galang dana pengobatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved