Kolaborasi dan Kerjasama Bisa Tingkatkan Keberhasilan Galang Dana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Gak kalah penting dari publikasi di media sosial! Kolaborasi dan kerjasama dengan pihak lain juga dapat membantu keberhasilan sebuah galang dana. Adapun, kerjasama dengan pihak lain akan bermanfaat memperluas jangkauan eksposure.

Jadi, akan lebih banyak orang yang mengetahui informasi tentang galang dana yang kamu lakukan. Selain itu, bekerjasama dengan pihak lain yang memiliki citra yang baik, pamor, maupun kredibilitas dapat membantu galang dana kamu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Berikut adalah beberapa jenis rekan kerjasama yang bisa kamu sasar:

  1. Komunitas
  2. Influencer/ Tokoh publik/ aktivis
  3. Content creator
  4. Brand

Dalam artikel ini, Kitabisa akan menyajikan beberapa strategi kerjasama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keberhasilan galang danamu!

1. Memilih Rekan Kerjasama Online dan Offline

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah membuat daftar rekan kerjasama terlebih dahulu. Namun, pastikan kamu memiliki pilihan yang banyak.

Jangan membatasi lingkup hanya di satu ruang saja. Pastikan kamu memiliki daftar calon rekan kerjasama online maupun offline untuk memperbesar pilihan kerjasama

2. Mempertimbangkan Kredibilitas dan Eksposur Calon Rekan Kerjasama

Saat membuat daftar calon rekan kerjasama, selalu ingat tujuan kamu bekerjasama dengan mereka adalah untuk memperluas jangkauan target donaturmu. Sehingga, kamu akan mempertimbangkan kredibilitas mereka sebagai rekanmu.

Cari tahu lebih dulu, sebesar apa kepercayaan orang-orang pada rekan kerjasamamu. Selain itu, cari tahu juga seluas apa jangkauan eksposur calon rekan kerjasamamu.

Pilih calon rekan kerjasama yang setidaknya memiliki jangkauan yang sama atau lebih besar dari pada kamu. Jika memungkinkan, pilih rekan yang memiliki jangkauan target audiens 100% berbeda dari yang kamu miliki.

3. Kelompokan Calon Rekan Kerjasama dengan Kategori

Mengkategorikan calon rekan kerjasama dapat mempermudahmu dalam menentukan jenis kerjasama, kemungkinan target audiens, bahkan jenis aktifitas yang bisa dilakukan. Adapun, calon rekan kerja sama dapat ditentukan berdasarkan kriteria yang beragam. Sebagai contoh, berikut kriteria calon rekan kerjasama yang bisa kamu gunakan:

  • Online atau offline
  • Komunitas, brand, instansi, atau individu
  • Jangkauan audiensnya: punya followers berapa? >10 ribu, >20 ribu, >50 ribu dan seterusnya
  • Mereka bergerak dibidang apa? Parenting, edukasi, sosial, dan lain sebagainya.
  • Mana yang bisa bekerja sama dalam bentuk publikasi, event, atau bahkan memberikan donasi secara langsung

4. Membuat Daftar Calon Rekan Kerjasama Lebih Banyak dari Target

Tentukan lebih dulu target realistis dari usaha kerjasama ini. Buat perkiraan yang real, dengan pengertian bahwa kamu yakin 100% bahwa target itu akan tercapai.

Misalnya, target kamu adalah mendapatkan 1000 donatur dari 10 rekan kerjasama. Nah, jangan hanya membatasi diri dengan hanya mengajukan kerjasama pada 10 calon rekan.

Perlu diingat bahwa belum tentu 10 calon rekanmu setuju untuk bekerjasama. Selain itu, belum tentu juga dari 10 rekan kerja sama kamu bisa mendapatkan tepat 1000 donatur.

Gandakan daftar calon rekan kerjasama minimal 3x lipat dari target untuk meminimalisir kegagalan.

5. Menyiapkan Proposal yang Bercerita

Sama seperti membuat deskripsi pada halaman galang dana yang sudah dijelaskan pada artikel mendapatkan Rp 1 juta donasi pertama. Dalam membuat proposalpun, kamu tidak bisa hanya memberikan semua informasi tentang galang danamu.

Susunlah proposal yang bercerita. Sehingga, calon rekan kerjasama kamu bisa merasakan tujuanmu, visi, dan juga misi yang ingin kamu capai. Apalagi, menggalang dana untuk kepentingan sosial itu kuncinya ada pada cara kita mengetuk hati orang lain.

Jangan lupa, cantumkan dalam proposalmu keuntungan apa yang bisa mereka dapatkan saat membantu galang danamu. Misalnya saja branding, publikasi, atau hal-hal lainnya.

Jika ragu, silahkan cari tahu dulu di mesin pencari Google mengenai kontrapretasi yang relevan dan menjadi trend di dunia kerjasama saat ini.

6. Membuat Daftar Perkiraan Bentuk Kerjasama yang Bisa Dilakukan

Jangan mendekati calon rekan kerjasamamu tanpa tujuan yang jelas. Apalagi, setiap kategori yang kamu buat dalam daftar calon rekan kerjasamamu pasti memiliki karakter yang berbeda.

Sehingga besar juga kemungkinan jenis aktivitas kerjasamanya juga berbeda. Berikut beberapa ide kerjasama yang bisa membantu kesuksesan galang danamu:

  • Live Instagram, Facebook, maupun Youtube bersama tokoh, aktivis, ataupun influencer untuk mempromosikan tentang galang dana
  • Membuat webinar bersama tentang isu sosial yang relevan dengan galang danamu
  • Bertukar materi promosi di media sosial antara galang danamu dengan produk atau gerakan yang dijalankan calon rekanmu
  • Membuat publikasi cetak yang ditaruh atau disebarkan oleh rekan kerjasamamu, misalnya poster, roll banner, spanduk, brosur, ataupun stiker.

Niat baik tak boleh disimpan sendiri! Semakin banyak yang bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan galang danamu, semakin sukses juga pengumpulan donasi yang kamu lakukan.

Semoga informasi ini membantumu! Jangan ragu untuk menghubungi Kitabisa jika terdapat kesulitan dalam proses galang dana ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved