Waspada Penipuan dan Pencurian Data Akun Kitabisa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Penipuan dan Pencurian Data Akun

Sering berdonasi, bahkan menggalang dana di Kitabisa? Yuk, waspadai penipuan dan pencurian data akun Kitabisa milikmu dengan membaca artikel ini sampai habis!

Di era cyber ini, penipuan dan pencurian tidak hanya terjadi secara online saja. Bahkan, dunia digital sekalipun tidak luput dari bahaya. Lebih dari sekedar waspada akan keamanan data-data primer seperti akun sosial media, email, dan juga akun pengirim pesan. Kamu juga harus memastikan akun-akun aplikasi di handphone kamu telah aman dan terhindar dari pencurian data!

Apa saja akibat fatal jika akun Kitabisa kamu dicuri?

  1. Data nomor telepon dan email bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
  2. Jika kamu memiliki saldo di Dompet Kebaikan, maka uangnya bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
  3. Saat kamu menggalang dana, pihak yang tidak bertanggung jawab dapat melakukan pencairan dana tanpa sepengetahuanmu

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi penipuan dan pencurian data akun Kitabisa?

Yuk, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kitabisa gak pernah minta kode OTP

Jika ada yang menghubungi kamu mengatasnamakan Kitabisa, dengan alasan apapun, jangan pernah memberikan kode OTP kamu ya. Terutama, jika kamu tidak meminta kode OTP untuk login namun mendapat pesan berisi kode OTP atas percobaan login di akun Kitabisa kamu. Segera laporkan jika hal ini terjadi ya!

2. OTP bersifat rahasia

Biarpun bukan mengaku sebagai Kitabisa, jika ada yang menghubungimu dan meminta kode OTP akun Kitabisa milikmu, tetap jangan dikasih ya! Kode OTP bersifat super rahasia. Cukup kamu dan Tuhan yang tahu. Jangan dibocorin ke siapapun biarpun dia mengaku sebagai ibumu, mertuamu, pacarmu, bahkan selingkuhanmu.

3. Jangan klik link sembarangan

Jika ada email atau nomor pribadi mengirimi kamu pesan berisi link, jangan langsung diklik. Saat ini, hacker sudah semakin pintar. Bahkan metode terbarunya bisa melakukan akses data ke handphone atau device korbannya hanya karena si korban pernah melakukan klik pada link yang dikirimkan oleh hacker. Pastikan kalau nomor atau email itu adalah resmi milik Kitabisa.

4. Jika ada nomor atau email pribadi menghubungi kamu mengatasnamakan Kitabisa, jangan langsung percaya!

Seluruh proses di Kitabisa dapat kamu lakukan secara mandiri melalui sistem. Untuk alasan apapun, biarpun bukan tentang OTP, jangan langsung percaya jika ada email maupun nomor pribadi yang menghubungi kamu atas nama Kitabisa. Konfirmasi dulu kebenaran kontak tersebut, terutama sebelum kamu memberikan informasi apapun terkait akunmu.



Jika kamu mencurigai adanya pengambilan akun secara ilegal atau penipuan yang mengatasnamakan Kitabisa, segera hubungi kami:

Email resmi Kitabisa hanya satu!Email resmi Kitabisa hanya . Hati-hati terhadap nama email yang mirip atau hampir sama. Pastikan dengan teliti alamat email yang mengirimi kamu pesan. Berikut beberapa contoh email yang BUKAN MILIK KITABISA:

Ingat kata bang napi, “Kejahatan terjadi bukan cuma karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Waspadalah! Waspadalah!”

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved