Ide Galang Dana Covid-19 Untuk Saling Bantu Sesama Warga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Ide Galang Dana Covid-19

Influencer, artis, hingga ketua komunitas semua berbondong-bondong membuat galang dana Covid-19 untuk membantu warga terdampak pandemi. Namun, apakah mereka saja cukup?

Penanggulangan dampak Covid-19 nyatanya tak cukup hanya mengandalkan yang di atas saja. Semua lapisan harus bergotong royong untuk saling bantu agar semua bisa selamat dari kritis ini. Apalagi, yang paling tahu kebutuhan lingkungan kita adalah kita sebagai warganya sendiri. Untuk itu, usaha membuat galang dana penanggulangan Covid-19 bisa dimulai dari dirimu sendiri!

Yuk, jadi pahlawan penanggulangan pandemi di lingkunganmu sendiri! Berikut ini ide galang dana Covid-19 yang bisa kamu tiru:

1. Membagikan Paket Sembako atau Kebutuhan Isoman untuk Warga Terdampak

Sejak PPKM dimulai dan diperpanjang, pedagang kecil kembali terdampak. Dagangan mereka sepi pembeli, namun biaya kebutuhan tetap tidak berkurang. Di sisi lain, mereka masih tetap bekerja di luar rumah untuk mencari nafkah walau resiko terpapar virus tetap membayangi mereka. Hal seperti itu juga turut dialami para pekerja harian seperti ojek online, tukang parkir, dan lainnya

Kamu bisa bantu ringankan beban mereka dengan membuat galang dana paket sembako untuk pedagang kecil terdampak. Tentukan target penerima paket sembakomu terlebih dahulu, jumlah dan juga profil mereka. Lalu, fokus isi paket sembakomu dengan bahan-bahan pokok yang mudah didistribusikan dan dimasak. Contoh: minyak goreng, mie instan, tepung, sarden (makanan kaleng), kecap, gula, teh, susu, dan semacamnya.

Selain sembako, kebutuhan isoman itu tidak murah. Sebagian obat pasien isoman memang bisa ditebus secara gratis dengan program kemenkes melalui link ini. Namun, sembari menunggu mereka juga membutuhkan obat-obatan sesuai gejala yang mereka alami seperti paracetamol untuk obat demam, obat batuk, maupun obat flu. 

Tak hanya kebutuhan obat, vitamin D dan C yang membantu menambah imunitas tubuh serta makanan bergizi juga dibutuhkan. Padahal, tidak semua orang kuat untuk memasak atau bahkan memiliki uang untuk berbelanja online. Kamu bisa bantu mereka dengan mengirimkan obat-obatan dasar, vitamin, dan makanan cepat saji yang tinggal dipanaskan.

2. Mengirimkan Makanan Bergizi untuk Tenaga Kesehatan di RS Rujukan Covid-19

Mereka yang bekerja di RS rujukan Covid-19 saat ini sedang ada di medan perang. Untuk segera bisa menangani pasien-pasien bergejala Covid-19, mereka bekerja secara shift. Bahkan terkadang overtime dan mengambil jatah istirahatnya.

Kamu bisa membantu perjuangan mereka dengan mengirimkan paket makanan bergizi. Selain bisa membantu supply gizi yang mereka butuhkan, paket makanan yang kamu kirimkan bisa menghemat waktu mereka untuk mencari makan siang. Sebagai saran, kirimkan makanan dengan protein yang tinggi dan minuman sehat seperti jus atau yogurt.

Apakah ide galang dana Covid-19 ini memotivasimu? Sebelum kamu mulai membuat gerakan di lingkunganmu sendiri, ada beberapa teman-teman kita yang sudah mulai duluan nih.

galang dana covid

Yang pertama adalah Sisters in Danger, mereka adalah buruh gendong perempuan di empat pasar tradisional di Jogja (Beringharjo, Giwangan, Gamping, dan Kranggan). Para ibu dan mbah ini biasanya bisa berpenghasilan minimal Rp50 ribu sehari sebagai upah dari mengangkut barang puluhan kilo dari para pengunjung atau barang jualan para pedagang pasar. Namun, sejak pandemi penghasilan mereka sangat berkurang hingga tak berpenghasilan sama sekali. Dapur umum ini digerakan untuk setidaknya mengurangi kekhawatiran buruh gendong dan keluarganya dalam kebutuhan pangan harian.

galang dana covid

Yang kedua adalah BGBJ, yaitu komunitas peduli anak-anak pemulung di Bantar Gebang. Sejak terjadinya pandemi COVID-19, banyak dari perusahaan-perusahaan daur ulang tutup karena penurunan harga material dan menyebabkan banyak dari pemulung kehilangan pekerjaan . sekarang, mereka sedang mengalami kesusahan untuk menyediakan makanan bagi anggota keluarga mereka. Tim BGBJ menggalang dana untuk mendukung keluarga pemulung dan masyarakat di Bantar Gebang dengan menyiapkan paket makanan untuk keluarga yang membutuhkan. Tak hanya dalam bentuk makanan siap santap, tapi juga bahan makanan dalam bentuk paket sembako.

Kamu juga bisa jadi pahlawan lingkungan seperti mereka! Yuk, buat galang dana di Kitabisa untuk tanggulangi dampak Covid-19 di lingkungan terdekatmu. Begini cara bikin galang dana di Kitabisa:

Cari tahu informasi selengkapnya untuk membuat galang dana di Kitabisa di sini! Atau, kamu juga bisa klik gambar di bawah ini!

galang dana covid

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved