Cara Dapat Donasi Rp 1 juta Pertama dengan Galang Dana di Kitabisa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Tips Galang dana kitabisa

Sudah pernah membuat galang dana di Kitabisa? Langkah selanjutnya setelah membuat galang dana adalah memastikan bahwa kelengkapan halaman galang dana kamu sudah maksimal.

Jadi, usahamu untuk membantu kebutuhan anak yatim piatu, dhuafa, perbaikan rumah ibadah ataupun mengumpulkan dana tambahan untuk biaya pengobatan kerabatmu bisa maksimal.

Walaupun cara membuat galang dana di Kitabisa memang praktis, tapi kamu perlu tahu juga beberapa trik jitu agar bisa segera mendapatkan donasi Rp1 juta pertamamu. Berikut beberapa trik kunci yang bisa kamu lakukan!

1. Judul Galang Dana Spesifik dan Mudah Dicari

Judul adalah komponen terpenting dari kesuksesan pembuatan galang danamu di Kitabisa. Hal yang paling pertama dilihat dan penarik perhatian calon donaturmu. Oleh karena itu, pemilihan kata pada judul yang kamu buat haruslah tepat.

Pertama, buatlah judul yang spesifik. Galang dana ini untuk apa dan akan disalurkan ke mana. Contohnya, “Bantu Fatih Lawan Kanker Hati”. Nama “Fatih” adalah calon penerima bantuan dan “Kanker Hati” menunjukan tujuan penggalangan dana ini untuk mengumpulkan dana pengobatan.

Kedua, gunakan kata-kata yang memang biasa dipakai sehari-hari atau minimal menjadi kata yang digunakan dalam mencari di Google. Contohnya, kata “Bantu” pada judul sebelumnya lebih sering dipakai dibandingkan jika kita menggunakan kata “Membantu”.

Terakhir, setelah membuat judul pertanyakan lagi pada diri sendiri “Apakah saya akan tersentuh untuk berdonasi jika melihat judul seperti ini?”. Menggalang dana untuk membantu orang lain, tidak seperti mengajak orang membeli barang. Ada hati yang harus kita ketuk agar mau bergerak bersama.

2. Membuat Deskripsi yang Menarik di Halaman Galang Dana Kitabisa

Setelah tertarik pada judul galang dana, biasanya calon donatur akan membaca deskripsi galang dana terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berdonasi.

Oleh karena itu, deskripsi sebuah halaman galang dana harus memiliki informasi yang lengkap, jelas, dan menarik untuk memperkuat alasan calon donatur untuk berdonasi di halaman galang dana kamu.

Berikut ini adalah beberapa trik untuk membuat deskripsi galang dana yang menarik:

a. Cara penceritaan dari hati ke hati

Deskripsi halaman galang dana kamu adalah wadah bagi kamu untuk bercerita tentang tujuan galang dana kamu pada calon donatur. Gunakan bahasa yang personal, santai dan menggugah hati. Anggap saja, kamu sedang bercerita dan mengajak temanmu sendiri untuk berdonasi!

b. Sajikan informasi dengan lengkap dan runtut

Walaupun menggunakan pendekatan dari hati ke hati, tetap pastikan informasi yang kamu sajikan sudah lengkap dan runtut.

Mulai dengan menjelaskan tujuan galang danamu, mengapa kamu sampai harus menggalang dana, berapa besar dana yang dibutuhkan, seberapa mendesak kebutuhan itu, dan jangan lupa untuk mengajak calon donaturmu untuk mendoakan kesuksesan galang danamu ya!

Posisikan dirimu tidak hanya sebagai si penggalang dana. Namun, juga sebagai calon donatur dari galang danamu sendiri.

Baca lagi informasi yang telah kamu susun dalam halaman galang dana kamu. Pertanyakan lagi “Apakah informasi yang saya berikan sudah cukup lengkap dan jelas?”

Pastikan juga bahwa jika informasi yang kamu berikan banyak atau pun tulisan yang panjang, informasi itu tetap nyaman dibaca dan tidak menjenuhkan. Memenggal paragraf setiap 3 kalimat dapat mencegah kebingungan pembaca lho!

c. Jangan hanya teks, gunakan juga foto

“No pics, hoax”, begitulah kata anak jaman sekarang. Hal ini memang relevan adanya. Foto maupun video yang menunjukan keadaan asli dari orang yang akan menerima hasil galang dana, akan meningkatkan kepercayaan calon donatur.

Oleh karena itu, jangan lupa lampirkan 2-3 foto di deskripsi halaman galang dana kamu di Kitabisa ya. Pilih foto yang menarik dan memiliki resolusi gambar yang bagus.

Foto yang blur sangat tidak disarankan. Pastikan juga foto yang kamu berikan bisa menggambarkan cerita yang ingin kamu sampaikan dalam galang danamu.

Misalnya, untuk galang dana perbaikan rumah ibadah kamu bisa memperlihatkan foto keseluruhan rumah ibadah yang rusak atau bahkan memberikan foto bagaimana rumah ibadah itu tetap digunakan walaupun dalam keadaan rusak. Foto seperti itu bisa memancing simpati dari calon donaturmu.

d. Paragraf pertama paling menentukan

Tidak semua masyarakat Indonesia suka membaca. Apalagi jika bacaannya panjang. Oleh karenanya, paragraf pertama adalah yang paling menentukan minat calon donatur kamu untuk mau berdonasi. Dalam paragraf pertama kamu bisa mencantumkan kata-kata yang personal seperti kutipan, atau ajakan kemanusiaan. Contohnya:

“Kak, kami tetap rajin sekolah kok! Walaupun, saat hujan atap sekolah kami bocor dan harus berhimpitan menghidari air supaya buku tidak basah” Arini, siswa SD 03 Pandeglang, Banten.

Kutipan ini pernah digunakan untuk sebuah galang dana untuk perbaikan sekolah. Setelah memberi kutipan yang berdasarkan kisah nyata, silahkan lanjutkan deskripsimu dengan memberikan kelanjutan ceritanya.

3. Publikasi Galang Dana di Kitabisa Maksimal

Setelah membuat galang dana, kamu perlu menyebarkan galang danamu untuk mengajak orang-orang berdonasi. Survey dari data Kitabisa menyatakan bahwa tingkat kesuksesan sebuah galang dana akan meningkat sebesar 70% jika memiliki publikasi yang maksimal.

Adapun, terdapat beberapa cara yang bisa memaksimalkan publikasi galang dana kamu sebagai berikut:

  1. Menurut data, 50% donasi pertama yang kamu dapatkan pasti berasal dari orang terdekat lho! Jadi, jangan ragu meminta teman, keluarga, maupun kenalan lain untuk ikut menyebarkan. 
  2. Rajin share ke media sosial. Sekali share saja tidak cukup, share secara rutin dengan pendekatan yang beragam agar punya berbagai cara juga untuk menarik hati calon donatur.
  3. Gunakan kata-kata yang bersifat personal saat membuat jarkoman WA, FB, LINE, maupun IG
  4. Jangan hanya sebarkan sekali! Orang baik harus berisik, yuk rajin-rajin untuk sebarkan galang danamu.
  5. Jika memungkinkan, ajak komunitas, tokoh penting (pejabat, influencer, dan semacamnya), ketua RT/RW untuk membantu menyebarkan.

Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa membantu memaksimalkan galang dana kamu di Kitabisa. Baca juga artikel trik untuk membuat galang dana viral dengan klik di sini.

Yuk, buat galang dana di Kitabisa dan dapatkan donasi Rp 1 juta pertamamu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved