Begini Cara untuk Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Tahukah kamu? Menurut data, gak cuma wanita, laki-laki juga beresiko terkena kanker payudara loh. Oleh karena itu, setiap orang harus tahu cara untuk deteksi kanker payudara sejak dini.

Tak hanya melalui pengecekan di rumah sakit lho. Berikut beberapa cara untuk mendeteksi gejala kanker payudara sejak dini:

Bagaimana cara mendeteksi kanker payudara?

Lakukan pemeriksaan payudara kamu di depan cermin. Pastikan ruangan kamu memiliki penerangan yang cukup. Kebanyakan wanita memiliki payudara yang ukurannya tidak sama besar (payudara kanan lebih besar atau lebih kecil daripada yang kiri). Gejala kanker payudara dapat terlihat dari bentuk payudaramu juga. Lakukan cara ini untuk melihat perbedaan bentuk payudaramu:

  1. Berdirilah dengan posisi lengan dibiarkan lurus ke bawah.
  2. Perhatikan bentuk, ukuran, permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara. Lihatlah ada perubahan atau tidak
  3. Letakkan tangan pada pinggang dan tekan kuat-kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
  4. Membungkuklah di depan kaca, sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara.
  5. Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan kedua payudaramu, termasuk di bagian bawah.
  6. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari putingmu. Tempatkan jempol dan jari telunjukmu di sekitar puting, lalu tekan perlahan dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar. Ulangi pada payudara yang lain.

Kapan waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan untuk deteksi kanker payudara sejak dini?

Saat mandi

Lakukan dengan mengangkat satu tangan ke belakang kepala. Kemudian, gunakan tangan lain yang telah dilumuri sabun untuk meraba payudara di sisi tangan yang terangkat. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut. Lakukan pada kedua payudara. Sabun dan air memberikan efek licin sehingga deteksi kanker payudara dapat lebih mudah.

Saat berbaring

Caranya mudah, cukup baringkan tubuh di permukaan datar dan nyaman. Lalu tempatkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak. Kemudian, tempatkan tangan kanan di bawah kepala. Lumuri tangan kiri dengan lotion dan gunakan jari tangan untuk meraba payudara kanan. Lakukan perabaan payudara mengikuti arah jarum jam dengan gerakan melingkar. Setelah mencapai satu lingkaran, geser jari dan mulailah kembali hingga seluruh permukaan payudara terjamah, termasuk putingnya. Lakukan secara bergantian untuk payudara kanan dan kiri.

Seminggu setelah periode menstruasi berakhir

Melakukan pemeriksaan pada masa menstruasi kurang disarankan karena kadar hormon sedang berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk pada payudara yang menjadi lebih kencang. Seminggu setelah periode menstruasi berakhir, hormon sudah kembali stabil. Ini adalah saat yang tepat untuk melakukan pemeriksaan.

Semakin cepat deteksi kanker payudara dapat mendeteksi gejalanya, semakin cepat juga kamu bisa mendapat pertolongan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah menemukan gejala adanya kanker payudara, segera periksakan dirimu ke rumah sakit ya. Jika kamu memiliki BPJS, silahkan cek terlebih dahulu tentang biaya pengobatan kanker yang ditanggung oleh BPJS melalui artikel ini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved