Apakah Biaya Pengobatan Kanker ditanggung BPJS?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Berjuang melawan kanker tidak mudah. Bahkan tak hanya perjuangan mental, tapi juga biaya pengobatan kanker bukanlah bilangan yang sedikit. Bahkan, untuk sekali kemoterapi ringan dibutuhkan biaya lebih dari Rp 4 juta. Sedangkan kemoterapi berat membutuhkan biaya lebih dari Rp 11 juta.

Dengan biaya semahal itu, seorang pasien kanker harus berjuang melakukan kemoterapi berkali-kali hingga sembuh. Tentu saja jumlahnya akan sangat berat jika ditanggung sendiri. Lalu, apakah biaya pengobatan kanker ditanggung BPJS?

Menurut Skema Pembiayaan BPJS, Pengobatan Kanker Termasuk Biaya yang ditanggung

Kini, peserta BPJS Kesehatan mendapat kesempatan untuk memeriksakan diri untuk mendeteksi maupun menjalani pengobatan kanker. Mulai dari pengguna BPJS kelas III, pasien penderita kanker dapat mendapatkan bantuan biaya pengobatan puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Berikut syarat administrasi yang perlu disiapkan oleh pengguna BPJS untuk berobat kanker:

  1. Surat rujukan asli dan 1 lembar fotokopi
  2. Kartu peserta BPJS asli dan 1 lembar fotokopi
  3. KTP asli dan 1 lembar fotokopi untuk pasien baru
  4. Kartu berobat dan 1 lembar fotokopi untuk pasien lama
  5. Tambahan fotokopi jadwal/protokol kemoterapi dan atau radioterapi

Selain administrasi, kamu juga perlu memperhatikan jenis fasilitas kesehatan sesuai dengan kondisi pasien. Jika pemeriksaan menunjukkan adanya sel kanker, maka pasien akan dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat II (rumah sakit tipe B/C) yang sudah bisa menangani kanker.

Jika rumah sakit tersebut tidak dapat menangani kanker sesuai kebutuhan pasien, maka pasien dirujuk ke faskes tingkat III atau rumah sakit tipe A. Jika RS tipe ternyata tidak memiliki fasilitas yang dibutuhkan pasien, barulah pasien dirujuk ke RS nasional seperti Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Itulah informasi yang berhasil dikumpulkan Kitabisa terkait dengan apakah biaya pengobatan kanker ditanggung BPJS atau tidak. Perjuangan melawan kanker tidaklah mudah. Jika kamu atau orang tercinta sedang berjuang melawan kanker, jangan ragu untuk menggalang dana ya. Karena, seberat apapun perjuangan, akan lebih ringan jika dilalui dengan gotong royong.

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Kitabisa

Kitabisa

Wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online. Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong.

Baca juga

Punya Ide Kebaikan?

Bantu biaya pengobatan, beasiswa pendidikan, hingga bangun infrastruktur lebih mudah dengan galang dana di Kitabisa

Copyright © 2021 Kitabisa All Rights Reserved